strategi pembelajaran ke-1



     A.    Konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran
1.konsep belajar dan pembelajaran
    Menurut pandangan skinner belajar adalah suatu perilaku yang saat orang belajar maka respon nya menjadi lebih baik dan sebaliknya jika ia tidak belajar maka responnya menurun.
    Menurut pandangan gagne belajar adalah kegiatan yang kompleks hasil belajar kapabilitas dan setelah belajar orang memilki keterampilan,pengetahuan sikap dan nilai dan belajar adalah proses kognitif yang mengubah sifat stimulus lingkungan melalui pengolahan informasi menjadi kapabilitas baru.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep belajar adalah suatu proses, kegiatan interaksi ,atau perubahan perilaku menjadi lebuh baik dan belajar adalah suatu perubahan stimulus terhadap respon yang lebih baik.
    Konsep pembelajaran menurut gagne dan briggs (1979:3) menjelaskan bahwa pembelajaran adalah upaya yang bertujuan untuk membantu orang belajar atau seperangkat kegiatan eksternal yang direncanakan untuk mendukung terjadinya beberapa proses belajar yang sifat nya internal.
     Menurut pandangan brunner (1964) pembelajaran adalah perspektif atau atau teori yang mengekspresikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal agar terjadinya proses belajar
            Jadi dapat saya simpulkan bahwa konsep pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan oleh beberapa orang agar terjadi proses belajar pada diri individu yang belajar atau suatu kegiatan pemberian pelajaran oleh guru dan penerimaan pemebalajaran oleh peserta didik.
2. prinsip belajar dan pembelajaran
a. proses
belajar pada hakikatnya merupakan proses atau kegiatan aktifitas seseorang dikatakan belajar kalau diddalamnya terdapat aktifitas maupun non fisik seperti emosi,dan aspek mental lainnya
b. perubahan tingkah laku
perubahan tingkah laku merupakan aribut sebagai hasil yang banyak disepakati dari berbagai pandangan tentang belajar dan perubahan tingkah laku dapat meliputi domain pengetahuan,sikap,maupun keterampilan
c. interkasi
belajar terjadi karna adanya interaksi dari peserta didik dengan sumber belajar (pesan,orang,bahan alat,dll)interaksi dengan lingkungan itu memiliki pola tertentu sehingga terjadi variasi pola interksi.
            Sedangkan menurut rothwall 91961) mengemukakan prinsip belajar dan pembelajaran sbb:
a.  Prinsip kesiapan adalah kesiapn peserta didik atau kondisi individu yang memungkinkan mereka dapat belajar seseorang yang belum siap untuk melaksanakan tugas dalam belajar akan mengalamimkeulitan dalam belajar.
b.  Motivasi adalah suatu kondisi dari peserta didik untuk memprakarsai kegiatan,mengatur arah kegiatan dan memilihara kesungguhan
c.  Persepsi adalah interprestasi seseorang tentang situasi yang hidup dan setiap individu melihat dunia dengan cara nya sendiri
d.    Prinsip tujuan adalah seseorang yang ingin belajar maka tujuan belajarnya harus tergambar jelas dalam pikiran peserta didik ketiak proses pembelajran sedang terjadi,atau suatu sasaran khusus yang hendak dicapai oleh seseorang.
e.  Prinsip perbedaan individu yaitu proses  pembelajaran ynag memperhatikan perbedaan individu dalam kelas sehingga dapat memberi kemudahan pencapaian yang setinggi-tinggi nya
f.  Prinsip transfer dan refernsi adalah suatu kemampuan untuk menyimpan sesuatu yang dipelajari peserta didik kedalam memori yang suatunsat akan dapat dikeluarkan jika diperlukan  atau dapat mengaplikasikan nya ke kehidapan nya.
g.  Prinsip belajar kognitif adalah proses melibatkan proses pengenalan atau penemuan yang mencakuup asosiasi antar unsur,pembentukan konsep dan penemuan masalah
h.  Prisip belajar afektif yaitu prinsip belajar yang berkaitan dengan bagaimana seseorang memberi reaksi terhadap stimulus atau lingkungan yang dihadapi untuk memebrikan penilaian
i.   Prinsip psikomotor adalah prinsip yang berkaitan dengan bagaimana seseorang mampu mengendaliakan aktivitas ragawinya
j.  Prinsip evaluasi adlah prinsip yang dapat memengaruhi proses belajar saat ini dan selanjutnya dan evaluasi ini adalah penilaian terhadap proses belajarnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa prinsip belajar dan pembelajaran itu adalah adalah adanya suatu interksi dan perhatian atau motivasi terhadap suatu pembelajaran dan peserta didik terlibt secara lagsung untuk aktif selama pembelajaran serta adanya suatu tantangan bagi pesrta didik unutuk belajar dan dalam pemeblajaran ada evalusai atau penilaian dn umpan balik,penguatan dari guru terhadap peserta didik.
   B.     Perebedaan pendekatan,srtategi,metode, dan teknik pembelajaran
Menurut sanjaya 2009:127 pendekatan diartikan sebagai titik tolak atau sudut panang kita terhadap proses pemeblajaran dan pendekatan ynag berpusat pada pendidk menurunkan strategi pembelajaran langsung,namun pendekatan pembelajaran ynag bepusat pada peserta didik menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuri
            Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan itu adalah suatu titik tolak atau titik ukur guru dalam suatu pemeblajaran.atau upaya untuk menemukan arti dari suatu pembelajaran melalui suatu cara pandang yang baru.
            Strategi menurut kemp dalam sanjaya 2009:126 adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik agar tujuan pembelajaran nya yang harus dicapai secara efektif.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi adalah cara atau suatu pola yang direncanakan antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran nya
Menurut sudjana  2005 :76 menegmukakan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dlam mengadakan hubungan dengan peserta didik supaya peserta didik tertarik dan menyukai pemeblajaran mereka.
Jadi kesimpulanyna adalah metode merupakan cara yang susdah disususn guru untuk mencapai ksepakatan pemeblajaran nya dengn siswanya dan merupkan langkah operasional yang harus dikerjakan.
Menurut sudrajat 2008 menjelaskan bahwa teknik pembelajaran merupakan cara seseorang untuk mengimplementasikan  suatu metode secara spesifik  dan tekni merupakan cara konkret yang dipaki guru saat proses pembelajaran
Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik pemeblajaran adalah cara guru untuk menyampaikan pemeblajaran nya.

   C.     Faktor-faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran
a.       Tujuan pembelajaran
Salah satu penentu utama dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah tujuan pembelajaran nya dimana tujuan pembelajaran secara umum ada 3 yaitu tujuan kognitif,afektif,dan psikomotor setelah guru menetukan tujuan pembelajaran nya maka pemeilihan strategi akan bisa dilakukan misalnya nya saja tujuan koginitif maka guru bisa menetukan strategi mana yang cocok untuk mencapai tujuan kognitif yang telah ditentukan,atau tujuan pembelajaran khusus
b.      Bahan pelajaran
Bahan pelajaran juga merupakan penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran misalnya jika guru atau pendidik sudah menetukan bahan pelajaran yang di ajrakan maka guru akan lebih mudah untuk menetukan strategi pemeblajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran nya tersebut
c.       Siswa
Siswa merukan bahan pertimbangan dalam pemilhan strategi pembelajaran yang man jika tujuan dan bahan pelajaran sudah ditentukan maka guru harus memperhatikan pihak siswa apakah dengan tujuan dan bahan pembelajaran yang sudah ditetapkan maka strtegi apa yang cocok untuk para siswa nya,selain itu guru juga harus menentukan karakteristik belajar siwanya misalnya belajar secara audio,visual,audiovisual.
d.      Guru
Dalam pemilihan strategi pembelajaran pihak guru pun harus diperhatikan,misalnya apakah guru tersebut mampu untuk menerapkan strategi pembelajaran nya,sehingga nanti guru tidak gugup atau membeosan kan dlam suatu pembelajaran
e.       Media atau sarana (alat dan sumber,) waktu,dan ruangan
Media atau sarana juga menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan strategi pembelajaran misalnya media audio,visual atau media audio visual dan itu tergantung dari bahan ajar dan tujuan pembelajaran nya,serta sumber pembelajaran fasilitas dalam pembelajaran
f.       Karakteristik teknik penyajian tertentu

   D.    Berbagai jenis strategi pembelajaran
Dikutip dari burdon dan byrd (1999)
a.       Strategi deduktif
Kalau menurut saya Strategi pembelajran deduktif  adalah strategi yang memulai pembelajaranya dari yang kusus ke yang umum,misalnya nya saja pada pembelajaran IPA awalnya guru menjelaskan apa pengertian IPA itu dan setelah mengetahui baru lah dikembangkan dengan mengajarkan cintohnya,manfaat nya,dsb
b.      Strategi induktif
Strategi pembelajaran ini adalah kebalikan dari dari startegi pembelajran deduktif yang mana pada strategi pembelajaran ini dimulai adari pebeljran umum ke pembelajaran yang khusus misalanya pada pembelajaran B.indonesia guru akan meminta siswa nya untuk mengati berbagai paragraf dan setelah di analisa guru meminta siswa untuk menyimpilkan jenis paragraf yang mereka baca.
c.       Strategi belajar ekspsitori langsung dan belajar tuntas
Strategi belajar ekspositori langsung adalah strategi yang penyampaian materi nya dari guru dan guru menyusun pembelajaran nya secara runtut dan kemudian mengajarakanya secara berurutan dan relatif dengan waktu yang relatif singkat.
Sedangkan strategi belajar tuntas adalah strtategi pembelajaran secra tutas sesuai dengan kurikulum dan strategi ini berbasis kelompok dan remedial serta pengayaan.
d.       Strategi coopertative learning
Strategi pembelajaran ini adalah strategi pembelajaran yang lebih menekankan kepada kerja sam anatar siswa bisa dalam kelompok atau individu.
e.       Strategi pembelajaran problem solving
Yaitu strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada masalah,misalnya guru membanru siwa untuk memahami suatu pembelajaran dengan cara mengaitkan dengan masalah yang ada di sekitar nya.
f.       Discovery (penemuan) dan inquiry (penyelidikan)
Discovery adalah strategi pembelajaran proses mentalyang menharapkan siswa mengasimilasi suatu konsep dan prinsip baik itu proses mental,mengamati atau menjelaskan.
Sedangkan inquiry merupakan perluasan dari discoveryyang mengandung proses mental lebih tinggi tingkatannya.
g.      Cara belajar siswa aktif (cbsa)
Pada strategi ini hakikatnya siswa lah yang aktif dalam pembelajaran guru hanya memberikan stimulus agar siswa mampu menamilkan potensi yang dimilikinya.









           
   
           





Daftar rujukan
Dr, dimyatidan mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT rineka cipta
Karwono,heni mularsih. 2017. Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatansumber belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Dikutip oleh Ah hernawan,l asra dan dewi.2010. belajar dan pembelajaran.bandung: upi press



Komentar

  1. Mengapa seorang guru harus memahami dan mengetahui tentang strategi pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya guru harus mengetahui dan memahami startegi belajar karna dengan mengetahui startegi belajar maka guru akan lebih mudah menyampaikan materi dan jika guru tidak memahami startegi belajar maka dia akan kesulitan dlam mengajar karna kurang nyanpemahan terhadap startegi pembelajaran dan proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar, sertastujuan pembelajaran nya tidak akanatercapai secara efektif dan efesien

      Hapus
  2. Bagaimana peran guru dalam penerapan strategi pembelajaran di sekolah dasar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peran guru dalam penerapan startegi pembelajaran sangat berpengaruh, karna keberhasilan mengajar guru bisa di ukur dari strategi pembelajaran yang diterpkannya

      Hapus
  3. Bgaimna kegiatan blajar yg baik dan mnyenngkn mnurut saudati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan belajar yang baik dan menyenangkan menurut saya adalah bisa membuat siswa aktif dalam belajar dan mampu menerapakan prinsip belajar dengan baik, dan mampu membuat pembelajaran yang bermakna bagi siswa nya

      Hapus
  4. Bgaimna kegiatan blajar yg baik dan mnyenngkn mnurut saudati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan belajar yang baik dan menyenangkan menurut sayasadalah kegitan pembelajaran yang sesuai dengan prosedur pembelajaran dan didalam pembelajaran ada variasi mengajar oleh guru

      Hapus
  5. Jelaskan teori- teori apa saja yang harus di kembangkan dalam strategi pembelajaran agar bisa meningkatkan motivasi anak dalam pembelajaran di sekolah dasar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teori belajar kognitifkjuga bisa karna dengan itu maka siswa akan berlomba2 untuk memperileh nilainyang baik

      Hapus

Posting Komentar