strategi pembelajaran ke-1
A.
Konsep dan prinsip
belajar dan pembelajaran
1.konsep belajar dan pembelajaran
Menurut
pandangan skinner belajar adalah suatu perilaku yang saat orang belajar maka
respon nya menjadi lebih baik dan sebaliknya jika ia tidak belajar maka
responnya menurun.
Menurut
pandangan gagne belajar adalah kegiatan yang kompleks hasil belajar kapabilitas
dan setelah belajar orang memilki keterampilan,pengetahuan sikap dan nilai dan
belajar adalah proses kognitif yang mengubah sifat stimulus lingkungan melalui
pengolahan informasi menjadi kapabilitas baru.
Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep
belajar adalah suatu proses, kegiatan interaksi ,atau perubahan perilaku
menjadi lebuh baik dan belajar adalah suatu perubahan stimulus terhadap respon
yang lebih baik.
Konsep
pembelajaran menurut gagne dan briggs (1979:3) menjelaskan bahwa pembelajaran
adalah upaya yang bertujuan untuk membantu orang belajar atau seperangkat
kegiatan eksternal yang direncanakan untuk mendukung terjadinya beberapa proses
belajar yang sifat nya internal.
Menurut
pandangan brunner (1964) pembelajaran adalah perspektif atau atau teori yang
mengekspresikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal agar terjadinya
proses belajar
Jadi
dapat saya simpulkan bahwa konsep pembelajaran adalah suatu upaya yang
dilakukan oleh beberapa orang agar terjadi proses belajar pada diri individu
yang belajar atau suatu kegiatan pemberian pelajaran oleh guru dan penerimaan
pemebalajaran oleh peserta didik.
2. prinsip belajar dan pembelajaran
a. proses
belajar pada hakikatnya merupakan proses atau kegiatan
aktifitas seseorang dikatakan belajar kalau diddalamnya terdapat aktifitas
maupun non fisik seperti emosi,dan aspek mental lainnya
b. perubahan tingkah laku
perubahan tingkah laku merupakan aribut sebagai hasil
yang banyak disepakati dari berbagai pandangan tentang belajar dan perubahan
tingkah laku dapat meliputi domain pengetahuan,sikap,maupun keterampilan
c. interkasi
belajar terjadi karna adanya interaksi dari peserta didik
dengan sumber belajar (pesan,orang,bahan alat,dll)interaksi dengan lingkungan
itu memiliki pola tertentu sehingga terjadi variasi pola interksi.
Sedangkan
menurut rothwall 91961) mengemukakan prinsip belajar dan pembelajaran sbb:
a. Prinsip kesiapan
adalah kesiapn peserta didik atau kondisi individu yang memungkinkan mereka
dapat belajar seseorang yang belum siap untuk melaksanakan tugas dalam belajar
akan mengalamimkeulitan dalam belajar.
b. Motivasi adalah
suatu kondisi dari peserta didik untuk memprakarsai kegiatan,mengatur arah
kegiatan dan memilihara kesungguhan
c. Persepsi adalah
interprestasi seseorang tentang situasi yang hidup dan setiap individu melihat
dunia dengan cara nya sendiri
d. Prinsip tujuan
adalah seseorang yang ingin belajar maka tujuan belajarnya harus tergambar
jelas dalam pikiran peserta didik ketiak proses pembelajran sedang terjadi,atau
suatu sasaran khusus yang hendak dicapai oleh seseorang.
e. Prinsip perbedaan
individu yaitu proses pembelajaran ynag
memperhatikan perbedaan individu dalam kelas sehingga dapat memberi kemudahan
pencapaian yang setinggi-tinggi nya
f. Prinsip transfer
dan refernsi adalah suatu kemampuan untuk menyimpan sesuatu yang dipelajari
peserta didik kedalam memori yang suatunsat akan dapat dikeluarkan jika
diperlukan atau dapat mengaplikasikan
nya ke kehidapan nya.
g. Prinsip belajar
kognitif adalah proses melibatkan proses pengenalan atau penemuan yang
mencakuup asosiasi antar unsur,pembentukan konsep dan penemuan masalah
h. Prisip belajar
afektif yaitu prinsip belajar yang berkaitan dengan bagaimana seseorang memberi
reaksi terhadap stimulus atau lingkungan yang dihadapi untuk memebrikan
penilaian
i. Prinsip psikomotor
adalah prinsip yang berkaitan dengan bagaimana seseorang mampu mengendaliakan
aktivitas ragawinya
j. Prinsip evaluasi
adlah prinsip yang dapat memengaruhi proses belajar saat ini dan selanjutnya
dan evaluasi ini adalah penilaian terhadap proses belajarnya.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa prinsip belajar dan pembelajaran itu adalah adalah
adanya suatu interksi dan perhatian atau motivasi terhadap suatu pembelajaran
dan peserta didik terlibt secara lagsung untuk aktif selama pembelajaran serta
adanya suatu tantangan bagi pesrta didik unutuk belajar dan dalam pemeblajaran
ada evalusai atau penilaian dn umpan balik,penguatan dari guru terhadap peserta
didik.
B.
Perebedaan
pendekatan,srtategi,metode, dan teknik pembelajaran
Menurut sanjaya 2009:127
pendekatan diartikan sebagai titik tolak atau sudut panang kita terhadap proses
pemeblajaran dan pendekatan ynag berpusat pada pendidk menurunkan strategi
pembelajaran langsung,namun pendekatan pembelajaran ynag bepusat pada peserta
didik menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuri
Jadi
dapat disimpulkan bahwa pendekatan itu adalah suatu titik tolak atau titik ukur
guru dalam suatu pemeblajaran.atau upaya untuk menemukan arti dari suatu
pembelajaran melalui suatu cara pandang yang baru.
Strategi
menurut kemp dalam sanjaya 2009:126 adalah suatu kegiatan pembelajaran yang
harus dikerjakan pendidik dan peserta didik agar tujuan pembelajaran nya yang
harus dicapai secara efektif.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa strategi adalah cara atau suatu pola yang direncanakan
antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran nya
Menurut sudjana 2005 :76 menegmukakan bahwa metode
pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dlam mengadakan hubungan
dengan peserta didik supaya peserta didik tertarik dan menyukai pemeblajaran
mereka.
Jadi kesimpulanyna adalah
metode merupakan cara yang susdah disususn guru untuk mencapai ksepakatan
pemeblajaran nya dengn siswanya dan merupkan langkah operasional yang harus
dikerjakan.
Menurut sudrajat 2008
menjelaskan bahwa teknik pembelajaran merupakan cara seseorang untuk
mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik dan tekni merupakan cara
konkret yang dipaki guru saat proses pembelajaran
Jadi dapat disimpulkan bahwa
teknik pemeblajaran adalah cara guru untuk menyampaikan pemeblajaran nya.
C.
Faktor-faktor
penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran
a.
Tujuan pembelajaran
Salah
satu penentu utama dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah tujuan
pembelajaran nya dimana tujuan pembelajaran secara umum ada 3 yaitu tujuan
kognitif,afektif,dan psikomotor setelah guru menetukan tujuan pembelajaran nya
maka pemeilihan strategi akan bisa dilakukan misalnya nya saja tujuan koginitif
maka guru bisa menetukan strategi mana yang cocok untuk mencapai tujuan
kognitif yang telah ditentukan,atau tujuan pembelajaran khusus
b.
Bahan pelajaran
Bahan
pelajaran juga merupakan penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran misalnya
jika guru atau pendidik sudah menetukan bahan pelajaran yang di ajrakan maka
guru akan lebih mudah untuk menetukan strategi pemeblajaran yang sesuai dengan
bahan pelajaran nya tersebut
c.
Siswa
Siswa
merukan bahan pertimbangan dalam pemilhan strategi pembelajaran yang man jika
tujuan dan bahan pelajaran sudah ditentukan maka guru harus memperhatikan pihak
siswa apakah dengan tujuan dan bahan pembelajaran yang sudah ditetapkan maka
strtegi apa yang cocok untuk para siswa nya,selain itu guru juga harus
menentukan karakteristik belajar siwanya misalnya belajar secara
audio,visual,audiovisual.
d.
Guru
Dalam
pemilihan strategi pembelajaran pihak guru pun harus diperhatikan,misalnya
apakah guru tersebut mampu untuk menerapkan strategi pembelajaran nya,sehingga
nanti guru tidak gugup atau membeosan kan dlam suatu pembelajaran
e.
Media atau sarana
(alat dan sumber,) waktu,dan ruangan
Media
atau sarana juga menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan strategi
pembelajaran misalnya media audio,visual atau media audio visual dan itu tergantung
dari bahan ajar dan tujuan pembelajaran nya,serta sumber pembelajaran fasilitas
dalam pembelajaran
f.
Karakteristik
teknik penyajian tertentu
D.
Berbagai jenis
strategi pembelajaran
Dikutip dari burdon dan byrd (1999)
a.
Strategi deduktif
Kalau
menurut saya Strategi pembelajran deduktif adalah strategi yang memulai pembelajaranya
dari yang kusus ke yang umum,misalnya nya saja pada pembelajaran IPA awalnya
guru menjelaskan apa pengertian IPA itu dan setelah mengetahui baru lah
dikembangkan dengan mengajarkan cintohnya,manfaat nya,dsb
b.
Strategi induktif
Strategi
pembelajaran ini adalah kebalikan dari dari startegi pembelajran deduktif yang
mana pada strategi pembelajaran ini dimulai adari pebeljran umum ke pembelajaran
yang khusus misalanya pada pembelajaran B.indonesia guru akan meminta siswa nya
untuk mengati berbagai paragraf dan setelah di analisa guru meminta siswa untuk
menyimpilkan jenis paragraf yang mereka baca.
c.
Strategi belajar
ekspsitori langsung dan belajar tuntas
Strategi
belajar ekspositori langsung adalah strategi yang penyampaian materi nya dari
guru dan guru menyusun pembelajaran nya secara runtut dan kemudian
mengajarakanya secara berurutan dan relatif dengan waktu yang relatif singkat.
Sedangkan
strategi belajar tuntas adalah strtategi pembelajaran secra tutas sesuai dengan
kurikulum dan strategi ini berbasis kelompok dan remedial serta pengayaan.
d.
Strategi coopertative learning
Strategi
pembelajaran ini adalah strategi pembelajaran yang lebih menekankan kepada
kerja sam anatar siswa bisa dalam kelompok atau individu.
e.
Strategi pembelajaran
problem solving
Yaitu
strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada masalah,misalnya guru
membanru siwa untuk memahami suatu pembelajaran dengan cara mengaitkan dengan
masalah yang ada di sekitar nya.
f.
Discovery
(penemuan) dan inquiry (penyelidikan)
Discovery
adalah strategi pembelajaran proses mentalyang menharapkan siswa mengasimilasi
suatu konsep dan prinsip baik itu proses mental,mengamati atau menjelaskan.
Sedangkan
inquiry merupakan perluasan dari discoveryyang mengandung proses mental lebih
tinggi tingkatannya.
g.
Cara belajar siswa
aktif (cbsa)
Pada
strategi ini hakikatnya siswa lah yang aktif dalam pembelajaran guru hanya
memberikan stimulus agar siswa mampu menamilkan potensi yang dimilikinya.
Daftar rujukan
Dr, dimyatidan mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran.
Jakarta: PT rineka cipta
Karwono,heni mularsih. 2017. Belajar dan pembelajaran
serta pemanfaatansumber belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Dikutip oleh Ah hernawan,l asra dan dewi.2010. belajar
dan pembelajaran.bandung: upi press
Mengapa seorang guru harus memahami dan mengetahui tentang strategi pembelajaran?
BalasHapusMenurut saya guru harus mengetahui dan memahami startegi belajar karna dengan mengetahui startegi belajar maka guru akan lebih mudah menyampaikan materi dan jika guru tidak memahami startegi belajar maka dia akan kesulitan dlam mengajar karna kurang nyanpemahan terhadap startegi pembelajaran dan proses pembelajaran tidak akan berjalan lancar, sertastujuan pembelajaran nya tidak akanatercapai secara efektif dan efesien
HapusBagaimana peran guru dalam penerapan strategi pembelajaran di sekolah dasar??
BalasHapusPeran guru dalam penerapan startegi pembelajaran sangat berpengaruh, karna keberhasilan mengajar guru bisa di ukur dari strategi pembelajaran yang diterpkannya
HapusBgaimna kegiatan blajar yg baik dan mnyenngkn mnurut saudati
BalasHapusKegiatan belajar yang baik dan menyenangkan menurut saya adalah bisa membuat siswa aktif dalam belajar dan mampu menerapakan prinsip belajar dengan baik, dan mampu membuat pembelajaran yang bermakna bagi siswa nya
HapusBgaimna kegiatan blajar yg baik dan mnyenngkn mnurut saudati
BalasHapusKegiatan belajar yang baik dan menyenangkan menurut sayasadalah kegitan pembelajaran yang sesuai dengan prosedur pembelajaran dan didalam pembelajaran ada variasi mengajar oleh guru
HapusJelaskan teori- teori apa saja yang harus di kembangkan dalam strategi pembelajaran agar bisa meningkatkan motivasi anak dalam pembelajaran di sekolah dasar?
BalasHapusTeori belajar kognitifkjuga bisa karna dengan itu maka siswa akan berlomba2 untuk memperileh nilainyang baik
Hapus