keterampilan mengajar materi ke 7
MATERI KE-7
KETERAMPILAN DASAR DALAM MENGAJAR
A.
KETERAMPILAN BERTANYA
Secara etimologi keterampilan bertanya berasal dari dua
suku kata yaitu terampil dan tanya. Menurut kamus besar bahasa indonesia
“bertanya” berasal dari kata tanya yang berarti permintaan keterangan.
Sedangkan kata “terampil” yang berarti cakap, mampu, atau cekatan dalam
melaksanakan tugas (dalam cucun sunaengsih, dede tatang sunarya 2018 hal72).
Ketrampilan beratanya sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran
yang efektif dan menyenangkan.
Jadi dari pengertian diatas maka dapat didieskripsikan
bahwa keterampilan bertanya adalah kecakapan,keahlian, kepandaian, kemampuan
dalam meminta suatu keterangan atau penjelasan kepada orang lain yang lebuh
memahaminya atau orang yang lebih mahir.
Keterampilan bertanya adalah sesuatu yang tidak dapat
dipisahkan dari pembelajaran karna pembelajaran sendiri merupakan upaya untuk
mendapatkan informasi atau pengetahuan baru yang merupkan salah satu tujuan
dari pembelajaran. Bentuk pertanyaan dalam pembelajaran tidak harus berupa
kalimat tanya tetapi dalam proses pembelajaran setiap pertanyaan baik berupa
kalimat tanya atau suruhan yang menuntut respon siswa sehingga siswa memperoleh
pengetahuan dan peningkatan kemampuan berfikir, dimasukan dalam pertanyaan
(cucun sunaengsih, dede tatang sunarya 2018 hal72).
keterampilan
bertanya dapat diklasifikasiskan menjadi 2 yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjutan.
1.
Keterampilan
bertanya dasar
(cucun sunaengsih, dede tatang sunarya 2018 hal72)
mengemukakan keterampilan bertanya dasar adalah pertanyaan dasar atau pokokyang
berfungsi sebagai sebagi stimulus untuk merangsang munculnya respon atau
jawaban dari sisiwa. Keterampilan bertanya dasar mencakup pertanyaan yang jelas
dan singkat, pertanyaan yang disertai giliran, penyebaran pertanyaan keseluruh
kelas dan peserta didik, pemberian waktu berfikir, pemberian tuntunan
9dapatmengungkapakan pertanyaan menjadi lebih sederhana).
Tujuan
keterampilan bertanya dasar menurut
Turney dalam (cucun sunaengsih, dede tatang sunarya 2018 hal71). Adalah sbb:
1.
Membengangkutkan
minat dan kengin tahuan siswa mengenai suatu topik, artinya keterampilan dasar
dimaksudkan untuk merangsang gairah belajar peserta didik
2.
Memusatkan
perhatian pada maslah tertentu, artinya memfokuskan kan peserta didik pada
suatu materi pelajaran
3.
Pertnyaan yang
menuntut pengorganisasian atau melatih kemampuan berfikir sisiwa
4.
Memusatkan
perhatian pada masalah tertentu.
Selain
itu ada tujuan keterampilan bertanya dasar yaitu:
a. Mengurangi
dominasi pengajar.
b. Mendorong
keberanian peserta didikuntuk berpendapat.
c. meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran
d. mengarahkan kegiatan pembelajaran agar focus kepada kompetensi
yang ditetapkan.
Komponen
keterampilan bertanya dasar
a. Pertanyaan
diaiukan secara ielas
b. Pertanyaan
memancing pendapat atau keaktifan peserta didik
c. Pemberian acuan
d. Pemusatan
e. Pemindahan giliran
f. Penyebaran
g. Pemberian waktu berpiki h. Pembe an tuntunan
i. Pengaturan tingkat kognitif pertanyaan
j. Pengaturan
u.utan pertanyaan
k. Penggunaan pertanyaan pelacak
L
Peningkatanterjadinyainteraksi
Prinsip
penggunaan Keterampilan bertanya dasar:
a.
Kehangatan dan
keantusiasan, dalam kegiatan bertanya guru hendajnya menciptakan suasan yang
hnagat dan antusias
b.
Memberikan waktu berfikir
2.
Keterampilan
bertanya lanjutan
Keterampian bertanya lanjutan ini merupakan lanjutan dari
ketrampilan bertanya dasar, ketrampilan bertanya lanjutan yang perlu dikuasai
adalah pengubahan tuntunan berfikir kognitif, pengaturan urutan pertanyaan,
pertanyaan pelacak dan peningkatan yang dapat menimbulkan terjadinya interaksi
edukatif.
B.
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN
Keterampilan memberi pengauatan(reiforcoment) dilakukan saat peserta didik berhasil
melaksanakan kegiatan yang dikehendaki.ketrampilan memberi pengauatan berarti
sebagai bentuk modifikasi perilaku berupa pemberian respon positif dari guru
yang biasanya berupa puijian atas perilaku atau hasil kerja yang dibuat oleh
peserta didik sehingga respon terhadap suatu perilaku tersebut meningkat.
Adapun dalam pemberian penguatan dapat berupa verbal dan non verbal.
Penguatansecara verbal dapat dilakukan dengan cara pujian dengan kata-kata yang
positif sedangkan penguatan non verbal dapat dilakukan dengan cara gerakan
mendekati peserta didik,tatap mata,sentuhan,atau acungan jempol dll.
Tujuan penguatan:
1.
Meningkatkan
perhatian peserta didik terhadap pembelajaran
2.
Merangsang dan
meningkatkan motivasi belajar
3.
Meningkatkan
kegiatan belajar sekaligus untuk membina perilaku prodiuktif
Prinsip-prinsip
penguatan
1.
Kehangatan dan
keantusiasan, dalam memberikan penguatan kepada peserta didik hendaklah
menunjukkan wajah dan ekspresi yang menarik sehingga peserta didik merasa
senang
2.
Kebermaknaan Pemberian
penguatan hendaknya disesuaikan dengan tingkat pencapaian keberhasilan peserta
didik dan mempunyai rnakna bagi peserta didik yang melakukan nya
3.
perbuatan baik
sesuai yang diharapkan,Hindari Penggunaan Penguatan Negatif Walaupun pemberian
kritik atau hukuman adalah efektif untuk dapat mengubah motivasi,penampilan dan
perilaku peserta didik, namun pemberiian kritik atau hukuman memiliki akibat
yang sangat kompleks, dan secara psikologis agak kontroversial. Olel karena itu
sebaiknya dihindari munculnya sejumlah akibat yang tidak dikehendaki seperti
misalnya: peserta didik menjadi frustasi,pemberani, serta kemungkinan hukuman
yang dianggap sebagai kebanggaan,dan perilaku negatifakan terulang
4.
Penggunaan Penguatan secara Bervariasi Pembelajaran
penguatan hendaknya diberikan secara bervariasi baik komponen maupun caranya.
Penggunaan dan jenis komponen yang sama
misalnya pengajaran menggunakan kata-kata "bagus" akan mengurangi
efektivitas pemberian penguatan. Pemberian penguatan akan bermanfaat bila arah pemberiannya
bervariasi, mula-mula dan keseluruhan anggota kelas,kemudian kelompok kecil,
akhirnya keindividu, sebaliknya. Penguatan dapat ditujukan kepada peserta didik
tertentu atau kelompok peserta didik
5.
Penguatan hendaknya
dilakukan segera, jangan sampai ditunda.
Komponen pemberian penguatan
a. Penguatan secara verbal, dengan kata-kata
pujian atau penghargaan
b. Penguatan secara non verbal, dengan
menggunakan mimik dan gerakan badan
c. Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan
d.
Penguatan berupa simboldan benda
C.
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
Keterampilan mengadakan variasi adalah suatu bentuk
perubahan atau perbedaan yang dilakukan guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran yang bertujuan untuk mengurangi kebosanan siswa sehingga perhatian
siswa terpusat pada pembelajaran. Djamarah 2005 dalam rifma:2016 menjelaskan
keterampilan mengadakan variasi dalam proses pembelajaran meliputi tiga aspek
yaitu variasi dalam mengajar, variasi dalam menggunakan media dan bahan
pengajaran, variasi dalam interaksi guru dengan sisiwa.
Lebih lanjut djamardi 2009 dalam Rifma 2016 variasi
mengajar meliputi suara jeda, pemusatan gerak, dan kontak badan. Variasi
oenglihatan penggunaan indra dilakukan dengan pemanipulasian indera
pendengaran, penciuman dan perabaan komponenvariasi ini erat kaitannya dengan
variasi penggunaan media. Variasi pola interaksi mencakup pola hubungan guru
dengan sisiwa dan penerapan keterampilan variasi harus dengan maksud tertentu
dan tujuan yang jelas serta berhungan dengan latar belakng sosial budaya serta
berkesinambungan.
Tujuan
mengadakan variasi untuk:
a. Mengatasi kebosanan peserta didik sehjngga dalam
proses pembelajaran peserta didik senantiasa
menunjukkan ketekunan, antusiasme,serta penuh partisipasi
b. Menjadikan proses pembelajaran lebih hidupdan tebih
bermakna
c. meningkatkan
perhatian peserta didik terhadap materi yang dipelajari serta kompetensj yang harus dikuasai.
d. Memotivasi peserta didik aktifdalam pembelajaran
Komponen
dalam variasi mengajar :
1) Varjasi suara
2) Variasi kontak pandang
3) VariasigeEkan
badan atau anqqota badan dan mimik
4) Pergantian posisi pengajar maupun peserta didik
5) Variasi dalam pemanfaatan media pembelaja€n Variasi
dalam pemanfaatanmedia pembelajaranantara media yang dapat dilihat (y/sua/),
media yang dapat didengar (audro), dan audio-visua, atau kombinasinya dalam
bentuk multimedia.
Prinsip Penggunaan yang harus diperhatikan pengajar dalam
mengadakan variasi adalah:
a. Tepat guna: media dan alat pembelajaran yang digunakan
sesuai dengan tuntut2_ kompetensi serta karakteristik materi pembelajaran.
b. Daya guna: media dan alat pembelajaran yang digunakan
mampu peserta didik
c. Sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh
peserta didik: kognitif, psikomotor.
d. Sesuai dengan jenis materi pembelajaran apakah: fakta,
konsep, prinsip. prosedur
e. Sesuaidengan
kemamapuan pengajar
f. Sesuai dengan
kondisi kelas/sekolah menyangkut sarana maupun prasarana -,?T tersedia
g. Tidak
berlebihan
D.
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Ketermpilan menjelaskan (eplanning skill) dalam
pembelajaran adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan
secara sistem untuk menunjukkan adanya hubungan satu dengan yang lainnya
misalnya sebab dan akibat atau prosedur pengajaran. Penyampaian informasi yang
terencana dengan baik dan disajikan dengan menginteraksikan bebagai kemampuan
mengajar yang dimiliki guru merupakan ciri utama dalam kegiatan menjelaskan
yang berhasil. Dan keterampilan menjelaskan ini harus dikuasai oleh guru hal
ini agar sisiwa memperoleh pemahamn yang utuh dan jelas tentang materi yang
dijelaskan guru.
Prinsup-prinsip
keterampilan menjelskan :
1.
Keterkaitan dengan
tujuan, apa pun yang dijelskankan guru harus berkaitan dengan tujuan
pembeljaran ynag hendak divapai dan tidak boleh menyimpang dari pembeljaran
2.
Relevan antar
penjelsan dengan materi dan karteristik siswa, penjelsan harus sesuai dengan
materi yang diajrkan dan hindari improvisasi yang berlebihan
3.
Kebermaknaan,
apapun yang dijelaskan guru harus bermakna bagi siswa baik di masa sekarang
maupaun mendatang
4.
Dinamis, agar
pembelajaran menarik maka guu dapat memadukannya dengan tanya jawab atau media
pembeljaran yang menraik perhatian sisiwa
5.
Penjelasan
dilakukan dalam kegiatan pendahuluan,inti, dan kegiatan penutup.
TujuanKeterampilan menjelaskan bertujuan untuk:
a.
membantu peserta didik dalam memahami fakta, konsep, prinsip, atau prosedur,
serta membantu memecahkan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran.
b. Melibatkan peserta didik untuk berpikir
serta mengkomunikasikan ide dan gagasannya
c.
memperkuat struktur kognitif yang berhubungan dengan bahan pembelajaran.
d.mendapatkan
balikan dari peserta didik tentang penguasaan kompetensi yang harus
dikuasai.
Komponen keterampilan menjelaskan terdiri atas:
a.
Pembawa pesan, yakni pengajar, dengan kompetensiyang dimiliki dan kesiapan yang
dapat
dilakukan.
b.
lsi pesan, yakni kompeiensidanmateri pembelajaranyang harus dikuasai peserta
didik
c. Media dan alat (software dan hatdwarc)
dengan karakteristik dan kesiapannya d. Penerima pesan, yakni peserta didik
dengan karakteristik dan kesiapannya.
DAFTAR RUJUKAN
Cucun Sunaengsih, Dede Tatang Sunarya. 2018. Pembelajaran Mikro. Sumedang :
UPI Sumedang Press
Marwiyah aluddin, khaerul ummah. 2018. Perancang pembelajaran kontemporer
berbasis penerapan kurikulum. Yogyakarta: Depuplish
Rusman. 2017. Belajar dan pemeblajaran berorientasi standar prosdes
pendidikan. Jakarta: kencana
Rifma. 2016. Optimalisasi pembinaan kompetensi pedagogik guru. Jakarta:
kencana
Mukminan dkk. 2013.
Modul pelatihan pengembanan keterampilan dasar teknik instruksional (pe
Coba saudari jelaskan mengapa seorang guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar.. bagaimana jika seorang guru tdak memiliki ke 4 ktermpilan trsebut??
BalasHapusBaiklah menurut saya seorang guru itu harus memilimi keterampilan dalam mengajar karna jika guru tidak terampil dala mengajar maka tujuan pembelajaran tidak akan dapat dicapai dengan efektif dan keterampilan guru dalam mengajar berfungsi untuk membuat siswa paham dan mengerti dwngan pembelajaran nya
BalasHapusApa perbedaan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan?
BalasHapusApa perbedaan keterampilan bertanya dasar dan lanjutan?
BalasHapusApa guru harus memiliki keterampilqn dalam mengajar?
BalasHapusApa guru harus memiliki keterampilqn dalam mengajar?
BalasHapusApakah masih ada keterampilan mengajar yang lain??
BalasHapusTerima kasih..tulisan nya bagus sekali
BalasHapusApa contoh dari keterampilan memberi penguat
BalasHapusContoh nya seperti apersepsi pada kegiatan awal dan memberikan beberapa pertanyaan pada sisiwa
HapusBagaimana cara memberi penguatan bervariasa kepada anak??
BalasHapusCara memberikan penguatan yang bervariasi misalnya dengan cara mengganti ganti cara penguatan pembelajaran misalnya hari iniidengan pertanyaan hari besok dengan free tes dsb
HapusLucky Club Casino Site & Bonus Offers - LuckyClub.live
BalasHapusLucky Club Casino luckyclub ⭐ New players only. Min. Deposit €10. Play Now. Max. Bonus 100% up to €500. Min. Deposit €10.