matei ke-11 pengelolaan linkungan kelas
MATERIKE-11
PENGELOLAAN KELAS
A.
HAKIKAT PENGELOLAAN KELAS
1.
Pengertian pengelolaan kelas
Dalam buku wina
sanjaya 2017:51 Pengelolaan kelas adalah kemampuan guru untuk menciptakan iklim
belajar yang kondusif yang memungkinkan siswa dapat belajar yakni mencari dan
menemukan sesuatu atau mengkonstruksikan pengetahuan sendiri sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
Menurut sudarwan danim dalam Edeng suryana 2015:52
pengelolaan kelas adalah seni atau praksis (praktek strategi) kerja,yaitu guru
bekerja sebagai individu dengan atau melalui orang lain untuk mengoptimalkan
sumber daya kelas bagi penciptaan proses pembelajaran yang efektif dan efesien.
Sedangkan menurut darling-hammond dalam Harjali 2019:30
pengelolaan kelas adalah sebagai suatu aksi yang dilakukan guru dalam
menciptakan dan memlihara lingkungan belajar agar tetap kondusif bagi siswa dan
guru untik mencapai tujuan instruksional.
Jadi dari beberapa pengertian diatas maka dapat
dideskripsikan bahwa hakikat pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang
dilakukan guru dalam mengkondisikan kelas dan peserta didik nya untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.
2.
Langkah-langkah peneglolaan kelas dalam endang suryana
2015:58
a.
Merencanakan pembelajaran
Fungsi
guru dalam merencanakan pembelajaran berorientasi karakteristik siswa yang
dapat dilakukan adalah untuk memebangkitkan motivasi belajar siswa secar aktif
b.
Melaksanakan
pemebalajaran
Pelaksanaan
pemebelajaran merupakan realisasi kegiatan yang telah direncanakan atau
dipersiapkan guru sebelumnya,dan dalam tahap ini kemampuan guru sangat dominan.
3.
Karakteristik peneglolaan kelas dalam wina sanjaya
2017:51
a.
Iklim belajar yang
terhindar dari berbagai macam ganguan
b.
Iklim belajar yang
memungkinkan setiap individu siswa dapat belajar sesuai dengan gaya
masing-masing
c.
Iklim belajar yng
memeungkinkan siswa dapat menginformasikan baik data atau fakta
d.
Iklim belajar yang
memungkinkan siswa terbuka dan menerima kritik baik yang datang dari individu
maupun kelompok
e.
Iklim belajar yang
mendirong siswa untuk bertanya dan menjawa masalah pemeblajaran
4.
Prinsip-prinsip pengelolaan kelas
Menurut djamarah
dan aswan dalam saifuddin 2018:73 prinsip-prinsip peneglolaan kelas adalah
sbagai berikut:
a.
Hangat dan antusias,
hal ini diperlukan dalam pemebelajaran dan guru yang hangat dan akrab dengan
peserta didik nya akan menunjukkan keantusisan nya pada tugasnya
b.
Tantangan,
penggunaan kata-kata,tindakan yang menantang akan meningkatakan gairah anak
didik untuk belajar
c.
Bervariasi,
penggunaan alat media ,gaya mengajar akan meningkatkan perhatian peserta didik
dlam belajar
d.
Keluwesan,
keluwesan tingkah lakuk guru untuk mengubah strategi mengajarnya dapat mencegah
kemungkinan gangguan dalam belajar
e.
Penekanan hal
positif, mislanya penekan hala posistif terhadap tingkah laku anak dengan
tidaka memberikan komentar yang negatif
f.
Penananam disiplin
diri, hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin diri sendiri pada anak
5.
Tujuan peneglolaan kelas
Tujuan peneglolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung
dalam tujuan pendidikan dan secara umum
tujuan nya yaitu penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar
siswa dalam lingkungan sosial,emosional,dan intelektual dalam kelas dan
fasilitas tersebut akan memungkinkan anak didik belajar dan bekerja dan
terciptanya suasana kelas sosial yang memberikan kepuasan,suasan disiplin,dan
apersepsi bagi siswa.
6.
Model pengelolaan kelas
a.
Model otoriter
Pada
model otoriter ini aktivitas pemeblajaran nya dominan di dominasi oleh guru,dan
aktivitas pembelajaran menuntut guru untuk maksimal
b.
Model laiser faire
Jika
peneglolaan kelas dilakukan dengan model ini maka siswa akan dipenuhi dengan
sikap penuh kemauan,inisiatif,dan kelas seperti ini berlangsung bagi siswa yang
sudah mencapai tingkat kesadarn tertentu
c.
Model demokratis
Model
ini adalah perpaduan model sebelumnya yang mana jika hubungan antar guru dan
siswa dibangun dengan dasar persahabatan maka akan melahirkan kepercayaan.
B.
PENATAAN LINGKUNGAN KELAS
1.
Pengertian penataan lingkungan kelas
Penataan lingkungan kelas adalah istilah yang digunakan
guru untuk mendekripsiskan proses yang memastikan bahwa pembelajaran di kelas
berjalan lancar meskipun terkadang terdapat perilaku siswa yang menyimpang. Istilah
ini juga mengimplikasikan pencegahan terhadap perilaku yang menyimpang
tersebut.
Lingkungan kelas adalah istilah yang digunakan untuk
menyoroti semua perilaku positif dan keputusan-keputusan guru yang dibuat untuk
memfasilitasi proses pembelajaran.hal ini kebali pada semua kebutuhan aktivitas
untuk menciptakan dan mencegah sebuah lingkungan belajar secara tertib seperti
perencanaan dan persiapan materi,organisasi,dekorasi ruang kelas dsb.
Jadi dpat dideskrisikan bahwa pengertian pengelolaan
linkungan kelas adalh suatu strategi-strategi yang digunkan guru untuk
menciptakan dan menegakkan sebuah lingkunganbelajar yang tertib dan disiplin
sebagai alat bagi guru untuk menaggapi perilaku yang menyimang siswa.
2.
Keterampilan yang dimilii guru dalam pengelolaan
lingkungan kelas
Menurut
jones dalam Harjali 2019:31 keterampilan yang harus dimiliki guru dalam
pengelolaan lingkungan klas adalah sebagi berikut:
a.
Mampu mengembangkan
pemahamn yang utuh megenai kondisi personal atau psikologi dan kebutuhan siswa
b.
Mengembangkan hubungan
positif anatar guru dan siswa dan siswa yang membantu tercapainya kebutuahn
psikologi dasar siswa dan terbangun nya komunitas yang efektif didalam kelas
c.
Menerapkan metode
instruksional yang memfasilitasi pembelajaran secara optimal denagn tetap
mencermati kebutuhan akademik individual mapun kelompok siswa
d.
Mengembangkan sistem
pengelolaan organisasi da kelompok dengan maksimal
e.
Menaggapai secra
efektif setiap ketidak nyamanan situasi belajar dan perilaku tidak wajar dari
siswa dengan mengembangkan konseling yang melbatkan siswa.
3.
Alasan pentingnya pengelolaan lingkungan kelas
Menurut
sudarwan danim dalam Harjalii 2019:34 ada
beberapa pandangan tentang pentingnya pengelolaan lingkungan kelas
sebagai upaya mencapai pembelajran yang efektif adalah sebagai berikut:
a.
Lingkungan kelas dipandang sebagai proses untuk mengendalikan
atau mengontrol perilku siswa dalam kelas
b.
Penataan kelas
merupkan upaya menciptakan kebebasan bagi siswa
c.
penataan kelas
dipandang sebagai suatu proses pemodifikasian perilaku siswa
d.
penatan kelas
dipandang sebagai proses menciptakan
suasana sosio emosional yang positif di dalam kelas
e.
penataan lingkungan
kelas dipandang sebgai upaya untuk memebrdayakan dalam sebuah sistem pembelajaran
4.
hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan
lingkungan kelas
a.
mobilitas,
kemudahan atau memudahkan peserta didik untuk bergerak dari satu pojok ke pojok
lain
b.
aksebilitas,
memudahkan peserta didik mengakses sumber dan alt bantu belajar
c.
interaksi,
memudahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan sesama teman atau pendidiknya
d.
variasi kegiatan,
memudahkan peserta didik melakukan berbagai kegiatan misalnya berdiskusi,
presentasi atau melakukan percobaan.
5.
Tujuan pengelolaan
lingkungan kelas
tujuan
pengelolaan kelas dikemukakan Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen (1996) yang
dikuti dari johar permana
a. Mewujudkan kondisi kelas baik sebagai
lingkungan belajar ataupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan
berkembangnya kemampuan masing-masing siswa.
b. Menghilangkan berbagai hambatan yang
merintangi interaksi belajar yang efektif.
c.
Menyediakan fasilitas atau peralatan dan mengaturnya hingga kondusif bagi
kegiatan belajar siswa yang sesuai dengan tuntutan pertumbuhan dan perkembangan
sosial, emosional dan intelektualnya.
d. Membina perilaku siswa sesuai dengan latar
belakang sosial, ekonomi, budaya dan keindividualannya.
6.
Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan kelas
a.
Bahwa setiap aturan
dan prosedur yang mengikat dan ditempuh haruslah direncanakan terlebih dahulu
sebelum hal itu dapat dillangsungkan.
b.
Aturan-aturan yang ditetapkan dan prosedur
yang ditempuh itu harus jelas dan dibutuhkan.
c.
Biarkan anak mengasumsikan
tanggung jawabnya secara independent
d.
Kurangi gangguan
dan keterlambatan atau penundaan.
e.
Rencanakan kegiatan belajar yang independent
atau individual dan juga kegiatan belajar kelompok.
7.
Prosedur pengelolaan lingkungan kelas
a.
Prosedur Dimensi
Pencegahan Prosedur pencegahan
merupakan tindakan yang dilakukan guru dalam
mengatur anak didik, lingkungan dan peralatan kelas, serta format pembelajaran
sehingga mendukung terhdap suasana belajar yang menyenangkan dan pencapaian
prestasi belajar yang tinggi.
Adapun langkah-angkah
nya adalah:
·
Peningkatan kesadaran
diri sebagi guru
·
Peningkatan kesadaran
peserta didik
·
Sikap jujur dan
tulus dari guru
·
Mengenal alternatif
pengelolaan
·
Menciptakan kontrak
soisal
b.
Prosedur Dimensi
Pengatasian/Penyembuhan
Prosedur
pengelolaan kelas yang bersifat kuratif merupakan tindakan yang dilakukan guru
sebagai respon untuk mengatasi tingkah laku anak yang menyimpang atau
mengganggu itu. Dalam hal ini, guru dituntut untuk berusaha menumbuhkan
kesadaran anak dan tanggung jawab memperbaiki tingkah lakunya sehingga yang
bersangkutan bisa kembali berpartisipasi aktif dalam pengajaran.
Langkah-langkah nya
dalah:
·
Mengidentifikasi maslah
·
Meganalisis masalah
·
Menilai alternatif
pemecahan masalah
·
Mendapatkan balikan
Daftar Rujukan
Edeng suryana. 2015. Administrasi Pendidikan dalam
Pembelajaran. Yogyakarta: Deepulish
Harjali. 2019. Penataan lingkungan Belajar. Malang : CV
Seribu Bintang
Johar permana. 2001. Pengelolaan kelas dalam rangka
proses belajar mengajar. [online].11 mei 2019
Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan
Praktis. Yogyakarta: Deepuplish
Wina Sanjaya,dkk. 2017. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta.
PT Balebat dediknas Prima
Bagaimana penataan lingkungn kelas yg baik dan nyaman??
BalasHapusPenataan kelas yangybaik menurut saya seperti guru mampu menciptakan suasana yang amanadan kondusif serta guru mampu mengelola kelas dengan baik seperti me. Perhatikan letak bangku siswa, meja nyan atribut belajar, kebersihan dan keindahan ruangan belajar, serta mampu memperhatikan kefokusan belajar siswa dan kenyamanan siswa
HapusMengapa kelas trsebut harus di kelola.. apa yg akn trjdi jika kls tdk di klola
BalasHapusKelasKtersebut harus di kelola agar tercipta suasuasakelas yang aman nyaman dan kondusif untuk belajar dan jika kelas tidak dikelola maka kelas tidak kondusif dan pembelajaran kurang efektif dan tujuan pembelajaran pun tidak tercapai sepenuh nya
HapusApa kelebihan dalam pengelolaan kelas menurut anda
BalasHapusMenurut saya kelebihank dalam pengelolaan kelas adalah dapandmenciptakan kelas yangyaman dan kondusif untuk belajar
HapusMenurut saudara apakh pengelolaan kelas itu sangat penting dalam proses pembelajaran.
BalasHapusMenurut saya sangat penting karna awal dari pengelolaan kelas itu lah penentu keberhasilan dlam mencapai tujuan pembelajaran
HapusBagaima cara mengelolaan kelas agar tidak terjadi permasalahan dalam proses belajar
BalasHapusLakukan pengelolaan kelas sesuai prosedur, dan sebelum belajar guru harus mempersiakan suatu alat atau bahan cadangan untuk mengatasi masalah yang taktterduga
HapusHal ap saja yg perlu diperhatikan oleh guru dalam mengelola kelas
BalasHapus