A. Konsep dan prinsip
belajar dan pembelajaran
1,konsep belajar
Menurut kimble (1961:6), belajar adalah perubahan yang
relatif permanen didalam behavioral sebagai akibat dari praktik yang diperkuat.
Mayer (1982:1040) menyebutkan bahwa belajar adalah
menyangkut adanya perubahn perilaku relatif permanen pada pengetahuan atau
perilaku sesorang karena pengalaman.
Menurut gagne belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga mengasilkan perubahan perilaku.
jadi dapat disimpulkan bahwa konsep belajar adalah suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar dan dari tidak terampil menjadi terampil.
2.konsep pembelajaran
menurut gagne dan briggs(1979) pembelajarn adalah suatu sitem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang sedemikian rupa untuk memengaruhi terjadinya proses pembelajaran.
syaiful sagala (2009), pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penetu utama keberhasilan pendidikan
jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses atau cara untuk menjadikan orang atau makhluk untuk mau belajar yang dirancang oleh guru dan melibatkan antara guru dan siswa dan memiliki tujuan tertentu. dan belajara dapat selalu diartikan dengan adanya suatu perubahan dalam diri seseorang
3.prinsip belajar dan pembelajaran
berdasrkan konsep belajar dan pembelajaran diatas maka dapat kita simpulkan bahwa prinsip belajar dan pembelajaran itu adalah:
- proses, maksud proses disini adalah adanya langkah-langkah atau tahap-tahap yang ditempuh selama pembelajaran sehingga menghasilkan perubahan
- perubahan perilaku, maksudnya adalah setelah melewati proses belajar dan pembelajran maka diharapkan siswa mampu atau mengalami perubahan baik itu dari sikap,kepribadian,pengetahuan dsb nya.
- pengalaman, maksud nya adalah setelah mengalami atau melakukan prose belajar dan pembelajran maka seseorang akan mendapatkan pengalaman yang baru dimana pengalaman ini nantinya dapat membuat siswa atau peserta didik mendapatkan pembelajran yang bermakna
- kesiapan (rediness), dengan kesiapan individu memungkinkan yuntuk belajar
- memotivasi, dalam belajar peserta didik akan bersungguh-sungguh dalam belajar
- tujuan,dalam proses belajar dan pembelajaran maka siswa dan guru memiliki tujuan yang hendak dicapai
- keterlibatan langsung, dalam proses belajar dan pembelajaran maka siswa dn guru akan saling terlibat
B. perbedaan pendekatan ,strategi, metode, dan teknik pembelajaran
1. pendekatan pembelajaran
dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifat nya masih umum yang menginpirasi dan melatarbelakangi metode pembelajaran dengan cakupan teori tertentu.
misalnya:pendekatan yang berorientasi pada siswa, dan pendekatan yang berorientasi atau berpusat pada guru
2. strategi pembelajaran
adalah suatu cara-cara tertentu yang dignakan guru secara berurutan dalam suatu aktivitas pembelajran dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran nya secara efektif dan efesien.
conto: quantum teching learning, CTL,inquiry,discovery dsb
3. metode pembelajran
adalah suatu suatu cara yang digunakan atau dipilih guru dalam mengaitkan pembelajaran nya dalam suatu rencana pembelajran yang telah di susun sebelumnya dan untuk mencapai tujuan tersebut .
4.tekhnik pembelajran
adalah cara yang dilakukan guru dalam menjelaskan pembelajaran secara rinci dan benar sehingga siswa dapat memahami tujuan pembelajran yang telah ditetapkan sebelumnya
C. faktor-faktor penentu dalam pemilihan strategi pembelajaran
1. tujuan pembelajaran
2. bahan pembelajaran
3. siswa
4. guru
5. sarana (sumber,waktu dan ruangan)
6.karakteristik teknik pembelajaran dalam penyajian pembelajaran
D. berbagai jenis startegi pembelajaran
1. strategi pembelajran deduktif (pembelajrban nya dimulai dari umum ke khusu)
2. strategi pembelajran induktif (pembelajran nya dimulai dari yang khusu ke yang umum)
3. strategi pembelajran inquiry (menekankan pada prose berfikir)
4. strategi pembelajaran berbasis masalah (menekankan pada proses penyelesaian masalah)
5. strategi pembelajran kooperatif(pemeblajran secara kelompok atau bersama-sama)
6. strategi pembelajran CTL (Mengaitkan pembelajran dengan dunia nyata)
Daftar Rujukan Dr.h.karwono dan Heni Mularsih . Belajar dan Pembelajran Serta Pemanfatan Sumber Belajar . Depok : Rajawali Press
Dimyati dan Mudijono. 2013. Belajra dan Pembelajran. Jakarta : PT Rineka Karya
Assalamualaikum saya ingin bertanya seperti apa sih contoh dari strategi deduktif dan induktif itu?? mohon jawaban dan penjelasannya terima kasih
BalasHapusMasukkan balasan Anda...waalaikumsalam baiklah kalau menurut saya contoh strategi pembelajaran deduktif dan induktif adalah sbb
Hapus1. Contoh strategi pembelajaran deduktif yaitu pembelajran dari umum ke khusus contoh nya pada pembelajran cuca dan iklim... Langkah pertama yang dilakukan oleh guru adalah menanyakan siswa tentang cuaca pada hari ini, guru memberikan contoh contoh cuaca yang ada di dunia, guru menjelaskan tentang pengertian dari masing-masing cuaca tersebut. Dan dari situ guru dan siswa dapat menarik kesimpulan tentang jenis cuaca yang ada di indonesia
2.Strategi Pemebelajaran induktif yaitu pembelajaran dari khusu ke umum contoh nya pada pembelajran bahasa indonesia langkah pertama adalah guru menjelaskan pengertian paragraf kemedian dari pengertian tersubut maka guru mengembangkan pelajaran paragraf baik itu dari jenis-jenis paragraf, bentuk-bentuk paragraf dan sbg nya.
Saya ingin bertanya.
BalasHapusJelaskan menurut pendapat saudari tentang karakteristik teknik pembelajaran dalam penyajian pembelajaran.
Terimaksih
Masukkan balasan Anda...waalaikumsalam terimaksih atas pertanyaan tapi mohon maaf sebelumnya karakteristik tekhnik pembelajran yang mana yang ingin saudari tanyakan?
HapusTulisan anda sangat menginspirasi😊
BalasHapusMasukkan balasan Anda...terima kasih
HapusTulisan anda sangat bermanfaat
BalasHapusTulisan saudari bagus dan lengkap dengan penjelasan serta kesimpulan..
BalasHapusDari macam-macam strategi pembelajaran yang anda buat apa perbedaan dari masing-masing strategi tersebut?
BalasHapusSaya mau tanya nih Briggs kan merupakan media pembelajaran segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan untuk belajar baik melalui buku nahhh..tolong berikan contoh contoh Briggs dan penjelasan nya secara singkat dan jelas
BalasHapus