model belajar dan rumpun belajar
strategi pembelajarn ke-3
A.
Model-model belajar
Konsep pembelajaran
menurut Corey (Sagala, 2010:61) adalah ”suatu proses dimana lingkungan
seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam
tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon
terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari
pendidikan”. Lingkungan belajar hendaknya dikelola dengan baik karena
pembelajaran memiliki peranan penting dalam pendidikan. Sejalan dengan pendapat
Sagala (2010: 61) bahwa pembelajaran adalah ”membelajarkan siswa menggunakan
asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan
pendidikan”.
Konsep model pembalajaran menurut Trianto (2010: 51),
menyebutkan bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang
digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau
pembelajaran tutorial. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran
yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap
dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan
kelas.
Sedangkan metode pembelajaran menurut Djamarah, SB.
(2006: 46) ”suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan’. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru agar
penggunaanya bervariasi sesuai yang ingin dicapai setelah pengajaran
berakhir.
Jadi dapat disimpulakn bahwa model pembelajaran adalah
suatu rencana atau pola yang disusun guru dalam proses pembelajarannya yang
digunakan sebagai acuan dalam
penbelajaran nya.
B.
Macam-macam model
pembelajaran
1.
Model pembelajaran
langsung
Pembelajaran
langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran di mana guru
mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta
didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.
(Depdiknas, 2010: 24).
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara langsung
ini adalah suatu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran,yang mana
dalam pembelajaran tersebut ada interaksi antara guru dan murid secra langsung
atau tatp muka.dan adapun tujuan nya yaitu untuk memaksimal penyamapaian materi
pembelajan nya.
Adapun ciri-ciri
dari pembelajaran langsung itu adalah :
·
Adanya interaksi
tatap muka secra langsung
·
Guru atau engajar
langsung memberikan atau mengajar siswanya
·
Diadakan di suatu
tempat yang terencana
·
Contoh nya seperti
di soklah dalam kelas
·
Adanya tahap-tahap
pembelajran yang sudah terncana
Adapun kelebihan dan kekurang pembelajarn langsung ini
adalah
Menurut Depdikas dalam Sudrajat (2011) adalah sebagai
berikut :
a) guru mampu mengedalikan isi materi yang akan diajarkan
b) Dapat diterapkan secara efektif dalam kelas yang besar
maupun kecil.
c) guru lebih
mudah mengenali dari karakteristik siswanya
d) guru bisa melibatkan siswanya dalam proses
pemebelajaran
e) guru bisa mengontrol terjadinya proses pembelajaran
sedangkan Kelemahan pembelajaran langsung menurut
Depdiknas (Sudrajat ,2011) yaitu
a)
Memerlukan banyak
waktu
b)
Biaya yang mahal
c)
Pembelajaran bergantung
pada guru
d)
Sulit memahami
berbagai karakteristik siswa
e)
Materi yang
tersampaikan sedikit
2.
Model pembelajaran
berbasis masalah (PBM)
Menurut Arends
(dalam Trianto, 2010:92-94) pengajaran berdasarkan masalah merupakan suatu
pendekatan pembelajaran di mana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik
dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inquiri
dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan
percaya diri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa modeel pembelajaran PBM
adalah suatu model pembelajran yang diawali dengan pemberian masalah yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kepada siswa yang bertujuan agar siswa
lebih paham dan lebih mengerti.
Adapun kelebihan dan kekurangan model pembelajara PBM menurut Trianto (2010:96-97) adalah:
1. Realistik dengan kehidupan siswa
2. Konsep sesuai
dengan kebutuhan siswa
3. Memupuk sifat inquiry siswa
4. Retensi konsep
jadi kuat
5. Memupuk
kemampuan Problem Solving.
Kekurangan:
1. Persiapan pembelajaran (alat, problem, konsep) yang
kompleks
2. Sulitnya mencari problem yang relevan
3. Sering terjadi miss-konsepsi
4. Konsumsi waktu, dimana model ini memerlukan waktu yang
cukup dalam penyelidikan.
Dari uraian tentang kelebihan dan kekurangan diatas, maka
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PBM merupakan suatu
rangkaian pendekatan kegiatan belajar yang diharapkan dapat membantu siswa
untuk menjadi seorang individu yang mandiri dan mampu menghadapi setiap
permasalahan dalam hidupnya di kemudian hari.dan siswa lebih mudah dan pahan
dengan pembelajaran,karna materinya dikaitkan dengan kehidupan sehari-harinya.
3.
Model Pembelaran
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Pendekata (PMRI) Pendidikan Matematika Realistik
Indonesia adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang mengungkapkan
pengalaman dan kejadian yang dekat dengan siswa sebagai sarana untuk memahamkan
persoalan matematika. (Depdiknas, 2010: 7).
Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini
adalah suautu model pemeblajaran yang diakaitkan dengan kenhidupan nyata siswa
yang bertujuan agar siswa lebih cepat dan mudah untuk memahami pemeblajaran
tersebut.
Adapun ciri- ciri pemeblajaran tersebut adalah sbb:
1.
Pembelajaran nya
dikaitkan dengan masalah
2.
Masalah
pemebelajaran nya biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa
3.
Siswa lebih aktif
dalam pemeblajaran
4.
Interkasi antara
guru dan siswa lebih dekat dalam memecahkan permeslahan yang berkaitan denga
pemeblajaran.
4.
Model pembelajaan kontekstual
Pembelajaran
Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL merupakan konsep
pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan
dunia kehidupan siswa secara nyata, sehingga siswa mampu menghubungkan dan
menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari (Mulyasa: 2006: 102)
Jadi
dapat disimpulkan bahwa pemeblajaran ctl adalah suato model pembelajaran yang
menekan keterlibatan siswa dalam pemeblajaran,dan tidak jauh berbeda dengan
model pembelajaran sebelumnya.
Adpun
ciri-ciri model pembelajaran CTL yang adapat saya simpulkan adalah :
1.
Awal pembelajaranya
dimulai dengan mengitkan siswa dalam proses pembelajaran
2.
Pembelajaran nya
dengan memberikan beberapa tugas-tugas
3.
Pemeblajaran ini
bermaksud untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa
4.
Pemeblajaran nya
menyenangakan
5.
Tahap pembelajaran
nya dari kotruktvisme (pembelajaran), inquiri (menemukan), bertanaya,
masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian.
5.
Model pembelajaran
kooperatif
Menurut Slavin
(1985), cooperative learning adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompokkelompok
kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok
heterogen.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperatif adalah suatu model
pembelajaran kerja sama antar siswa baik dalam berkelompok,individu,dan saling
menghragai antar sesama.
Adapun
kelebihan dan kekuarngan model belajar kooperatif ini menurut kesimpulan saya
adalah:
1.
Pemebelajaran
dominan kelompok
2.
Melatih kemampuan
siswa untuk bekerja sama dalam kelompok
3.
Hubungan terjalin
baik antar siwa
4.
Siswa ikut serta
dalam pengelolaan kelas
Dan kekuangan nya:
1.
Tidak terlalu
menonjol kemapuan siswa yang pintar
2.
Sisa yang kuarang
memahami materi tidak terlalu nampak
3.
Susah untuk
menentukan pemahan siswa ,karan siiswa yang berkemampuan tinggi di gabung
dengan siswa berkemampuan sedang.
C.
Rumpun model
mengajar
Rumpun model mengajar adalah suatu kerangka atau pola
yang digunakan guru dalam menerapkan pemeblajaran.pembelajaran merupakan
perpaduan dari kegiatan atau aktivitas belajar dan mengajar sehinnga terjadi
proses memberi dan menerima pemebelajaran.pemeblajaran awalanya berawal dari
kata ajar.
Adapun perbedan pengajaran dan pembelajaran adalah:
1.
Pengajar
dilaksanakan dilaksanakan dengan proses,sedangkan pemebelajaran merupakan suatu
kegiatan membelajarakan orang lain
2.
Pengajar ayaitu
dari seorang guru,sedangkan pembelajaran bisa dari siapapun yang memiliki ilmu
3.
Pengajaran dibatasi
usianaya,sedangkan pemeblajaran bisa dilakukan kapanpun
4.
Pengajaran dibatasi
waktu dan tempat,sedangkan pembelajaran bisa dilakukan kapanpun dan disini ada
proses belajar dan mengajar.
Adapun
jenis-jenis rumpun model mengajar adalah:
1.
Rumpun pesonal
Jika
kita lihat kata personal biasanya berarti tantang pribadi atau diri
sendiri,yang mana disini maksud rumpun personal adalahsuatu pola tertentu untuk
mengembnagkan kemampuan pribadi,atau personal.adapun pembagian rumpun personal
yaitu:
·
Pengajaran non
didekti yaitu kerjasama antara guu dan siswa
·
Peningkatan harga
diri
2.
Rumpun model sistem
perilaku
Model
megajar rumpun ini dimaksudkan untuk mengajar tata cara perilaku dalam
lingkungan nya.
·
Belajar tuntas dan
terperogram yaitu suatu pembelajaran yang sudah diprogramkan atau direncanakan
sebelumnya dibelajarkan sampai tuntas dan selesai
·
Pembelajaran
langsung yaitu suatu pemebelajaran yang dilakukan secara langsung dengan tatap
muka atau berinteraksi secara langsung
·
Belajar melalui
simulasi yaitu setelah kita belajara dan untuk menguji pengetahuan kita tentang
pelajaran tersebut maka perlu diadakan simulasi yaitu unttuk mengukur kemampuan
kita dan sebagai tindakan atau umpan balik
Daftar Rujukan
Sagala S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:
Alfabeta
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif.
Jakarta : Bumi Aksara
Slavin.2010. Cooperative Learning Teori Riset dan Prakti. Bandung :Nusa Media
Djamarah ,s.B. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung
Rineka Cipta
Dapartemen Pendidikan Nasaional RI NO 41 TH 2007 Tentang
Standr Prose untuk Satuan Pendidikan
Menurut pendapat saudara mode apa yang paling sering digunakan guru dalm pbm agar siswanya mudah memahaminy??
BalasHapusKalau menurut pendapat saya model pembelajaran yanh seringsdigunakan dalam pbm dan dapat membuat mudah memahaminya adalah model CTL karna model mengajar ini cocok digunakan di sd karna model pemeblajaran ini mengaitkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dan proses pembelajaran nya pun dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa yang bertujuan siswa mampu mengkinteibusikan pengetahuan nya kedalam pemebelajaran.
HapusJelaskan bagaimana strategi pembelajaran dengan menggunakan discovery learning?
BalasHapusStrategi pembelajaran dengan menggunakan discovery learning menurutmpendapat saya adalah suatu strategi yang digunakan guru untuk membuatmpesrta diidik nya aktif dalam belajar, yaitu dengan cara guru memberikan pembelajaran tidak secara tuntastdan kemudian guru meminta siswa untuk aktif mencari dan menemukan pembelajaran yang lainnya dan di akhir pembelajaran guru dan siswa sama sama menarik kesimpulan daridpembelajaran nya
HapusBgaimna cara mngaplikasikan model blajar
BalasHapusMenurut saya cara mengaplikasikan model belajar yaituydengan cara memilih salah satu model belajar yang ingin kita terapkan misalnya modelmbelajar kooperatif cara mengaplikasikannya adalah dwngan cara guru menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian guru memberikan motivasi, lalu gurugmemberikan materi dengan cara memmbuat siswa belajar secara kelompok, lalu guru mengawasi jalannya diskusi, kemudian guru memberikan simulasi dan di akhir pembelajarn guru dan siswa menarik kesimpulan dari pembelajaran nya.
HapusBagaimna mngaplikasikan model blajar
BalasHapusJaqaban nya samasseprti yang di atas
HapusHidup guru💪 Guru itu ibarat kayu yang terbakar dia menjadikan dirinya abu tapi semua orang menjadikannya terang”
BalasHapusBenar t kawan
HapusModel pembelajaran seperti apa yang mudah di terapkan kepada siswa SD kelas rendah
BalasHapusModel pembelajaran ctl, model ini mudah di terapkan di kelas rendah, karna model ini pembelajran nya dikaitkan dengan kehidupan sehari hari siswa, sehinnga siswa lebih mudah paham dan mengerti pembelajran nya
HapusModel pembelajaran apa yang cocok untuk anak yang pemalas?
BalasHapusModel pembelajaran berbasis masalah, karna dengan model pembelajaran ini siswa akan merasa tertantang untukenyelesaikan masalah ang berkaitan dengan pembelajaran dan siswa tidak akan merasa malas lagi karna pembelajaran nya sepenuhnya dilakukan siswasdan guru hanya mengontrol pembelajaran nya
HapusJelaskan syarat-syarat terjadinya pembelajaran...
BalasHapusTerimakasih
Syara terjadinya pembelajaran adalah adanya inyeraksi,, adanya pemngajara adanya peserta didik, adanya metode dan strategi mengajar, serta adanya materi pembelajaran
HapusBagaimana cara penerapanya dalam pembelajaran nya di sd?
BalasHapusCara penerapan model pembelajaran didsd adalaha guru harus memilih salah satu model pembelajaran nya misal nya model mengajar kooperatif yaitu dalam mengajar guru membuat kelompok besar atau kecil untuk siswa dan ciri utama kooperatif adalah belajarbdengan kelompok
HapusSangat2 bermanfaat
BalasHapusTerimakasihh kawan
HapusMenurut bsaudafa apakah model pembelajaran ctl bisa digunakan dikelas rendah? jelaskan
BalasHapusMenurut saya bisa, dan ituitergantung kepada guru apakah ia mampummenerapkan nyan...selain itu model ctl cocok juga digunakan di kelas rendah karna model ini mengaitkan kan siswa dalam pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, serta dikaitkan dengan kehidupan sehari hari anak, agar anak lebih mudah memahami pembelajaran nya
HapusGood job 🖒
BalasHapusMenurut Anda apakah dalam satu kali kegiatan pbm seorang guru bisa menerapkan dua model pembelajaran atau lebih ?
Terima kasih
Kalau menurut pendapat saya bisa, dan itu tergantung pada guru apakh ia mmpu menerapkan nya.adapun contoh model pembelajaran yang sekaligus 2 model di terpkan guru misalnya:model pembelajaran berbasis masalah dan kooleratif. Yang mana di awal pembelajaran guru memberi model belajar pbl yang berkaitan dengan masalah yang ada di kehidupan sehari hari siswa dan dalam memecahkan masalah siswa diminta untuk berkelompok atau kooperati dalam menyelesaikan masalah itu..
HapusDan itu contoh 2 model pembelajaran yang diterapkan di dalam satu pembelajaran
Bagaimana peran guru dalam menanamkan sebuah karakter seorang siswa agar menjadi lebih baik
BalasHapusMenurut saya peran guru dalam menanamkan karakter yang baik pada siswa sangat berpengaruh selaku seorang pendidik, adapun usaha guru dalam menanamkan karakter yang baik adalah dimulai dari guru nya yang memberikan contoh karakter yang baik itu pada siswa nya misalnya menghargai orang yang lebih tua dan bagaiman cara berinteraksi yang baik dengan orang dan itu semua dimulai dari guru, kemudian mengaitkan pembelajaran dan memberikan contoh yang baik dalam kegidupan sehari hari..
HapusMenurut saudara, apa perbedaan metode pembelajaran di kota dan di desa?
BalasHapusKalau menurut saya metode pembelajaran di kota dan di desa sama saja, mungkin cara penerapan nya yang agak berbeda.
HapusMisal di kota lebih ke tekhnologi dan di desa lebih dengan manual dan kontekstual, dll
Menurut anda metode pembelajaran apa yang cocok untuk mengkaji pembangunan di indonesia?
BalasHapusBaiklah menurut saya metode yang cocok untuk mengkaji pembangunan di indonesia adalah model pbl karna model pembelajaran ini diawali dengan masalah dan dengan itu siswa akan merasa tertantang untuk mencari pembahasan tentang pembangunan di indonesiai.
HapusSetelah saya baca, mulai dari pengertian model pembelajaran dan macam model pembelajaran serta rumpun pembelajaran...
BalasHapusJadi dari yg 4 model pembelajaran.... mana model yang paling cocok bagi seorang guru agar sampai ke pada siswanya, juga apakah dalam waktu bersamaan bisa di satukan macam-macam model pembeljaran itu?
Menurut saya semua model belajar itu cocok digunakan dlam penyampaian materi kepada siswas, tinggali tergantung kepada guru bagaiman ia menerapkan model pembelajaran nya apakah sampai atau tidak. Dan dlam waktu bersamaan model belajar itu bisa diterpkan secara bersama contoh nya model belajar langsung dan kooperatif. Dimana saat melaksanakan model belajar langsung guru juga bisa menerapkan model kooperatif dengan cara belajar berkelompok
HapusSebutkan contoh pembelajaran yang dikaitkan dg masalah terima kasih
BalasHapusTerimaksih anna tasya clon buk bidan atasapertanyaan nya,😅 menurut saya contoh pembelajaran yang dikaitkan dengan masalah misalnya pada pembelajaran ipa mengenai makhluk hidup, jadi guru memberikan permasalahan tentang bagaimana ciri ciri dari manusia sebagai makhluk hiduph Dengan itu siswa akan berfikir bagaimana ciri ciri mkhluk hidup dan mencoba mencari pembahasan yang berkaitan dengan itu.
HapusBagaimana kita nanti seorang guru menerapkan metode tersebut.mohon jawabannya?
BalasHapusSebagai seorang calon guru cara kita menerapkan metode belajar tersebut adalah dengam cara memahami karakteristik siswa dan kemudian memahami model pembelajaran yang cocok untuk siswa tersebut dengan cara mempertimbangkan segala aspek baik itu dari kelebihan maupun kekurangan nya
Hapusbisakah anda menjelaskan apa perbedaan rumpun personal dan rumpun model sistem perilaku secara lebih detail?
BalasHapusMenurut saya perbedaan model rumpun personal dan prilaku adalah:kalau rumpun personal pengajaran nya lebih ke kepribadian siswa sedangkan rumpun prilaku proses pengajaran nya lebih ke bagaimana cara mengajarkan tata prilaku agar menjadia baik
HapusMenurut saya model pembelajaran yang cocok untuk anak autis adalah, districtrete trial training dari lovaal teori ini cocok digunakan karna metode nya sudah terstruktur sehingga mudah diajarkan dan mayerinya tersdia walupun harus disesuaikan dengan bahsanya
BalasHapusApa sih perbedaan model pembelajaran langsung itu dengan ceramah,coba jelaskan beserta contoh?
BalasHapusKalau menurut saya kedua model itu hampir sama saja karna pembelajaran nya disampaikan dengan tatap muka dan bertemu langsung....mungkin letak perbedaanya pada sistem pembelajaran nya misalnya kalau medel ceramah sumber belajar nya dari guru sedangkan model belajar langsung sistem belajarnya bisa dari guru, kelompok ataupun dengan pemberian masalah terlebih dahulu
HapusCoba saudari kemukan, model manakah yang cocok untuk di terapkan pada anak didik kelas rendah (1-3 sd)
BalasHapusKalau menurut saya model pembelajaran langsung dan ceramah juga cocok digunakan, karna di kelas rendah siswa belum paham apapun makamnya metode lanhsung dan ceramah cocok diterapkan
Hapusdi paragraf awal artikel
BalasHapusketika membahas model belajar, penulis justru membawakan konsep pembelajaran.
Padahal seperti yang telah dipelajari dalam materi pertama strategi pembelajaran, makna dan konsep belajar berbeda dari pembelajaran.
sehingga muncul pertanyaan
apakah model belajar dengan model pembelajaran itu sama?
bukan kah beajar dan pembelajaran itu berbeda?
tolong berikan penjelasannya
Baiklah saya akan coba menjawab, menurut saya perbadaan model belajar dan pembelajaran adalah: kalu model belajar yaitu cara atau pola siswa atau sessorang untuk dapat memahami pembelajaran nya secara baik, sedangkan model pembelajaran adalah cara, langkah, atau pola seorang guru dalam pembelajaran nya,, jadi dapat saya simpulkan beda metode belajar dan pembelajaran adalah terletak pada objek nya kalau metode ajar berorientasi pada siswa atau seseorang yang belajar dan metode pembelajaran berorientasi pada guru atau seseorang yang mengajarakan ilmi
HapusMenurut saudara, model pembelajaran apakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
HapusMenurut saudara, model pembelajaran apakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
HapusModel pembelajaran yang mudah dimengeri siswa adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kd dan ki pembelajaran, serta model pembelajaran yang bervariasi diberikan guru agar siswastidak bosan
HapusApakah seorang guru bisa menerapkan sekaligus 2 model untuk siswa SD kelas rendah ?
BalasHapusBisa saja misalnya metode ceramah dan pembelajaran bebasis masalah
HapusHarrah's Las Vegas Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusThe casino and hotel is located 남원 출장마사지 on the Las Vegas 충청북도 출장마사지 Strip and is conveniently located 경주 출장안마 in Downtown Las Vegas, within 군포 출장마사지 a 10-minute drive 김제 출장마사지 of Golden