model belajar dan rumpun belajar

                                                                    strategi pembelajarn ke-3


       A.    Model-model belajar
Konsep pembelajaran  menurut Corey (Sagala, 2010:61) adalah ”suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”. Lingkungan belajar hendaknya dikelola dengan baik karena pembelajaran memiliki peranan penting dalam pendidikan. Sejalan dengan pendapat Sagala (2010: 61) bahwa pembelajaran adalah ”membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”.
Konsep model pembalajaran menurut Trianto (2010: 51), menyebutkan bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. 
Sedangkan metode pembelajaran menurut Djamarah, SB. (2006: 46) ”suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan’. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru agar penggunaanya bervariasi sesuai yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. 
Jadi dapat disimpulakn bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang disusun guru dalam proses pembelajarannya yang digunakan sebagai  acuan dalam penbelajaran nya.
    
     B.     Macam-macam model pembelajaran
1.      Model pembelajaran langsung
Pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran di mana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru. (Depdiknas, 2010: 24).
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara langsung ini adalah suatu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran,yang mana dalam pembelajaran tersebut ada interaksi antara guru dan murid secra langsung atau tatp muka.dan adapun tujuan nya yaitu untuk memaksimal penyamapaian materi pembelajan nya.
 Adapun ciri-ciri dari pembelajaran langsung itu adalah :
·         Adanya interaksi tatap muka secra langsung
·         Guru atau engajar langsung memberikan atau mengajar siswanya
·         Diadakan di suatu tempat yang terencana
·         Contoh nya seperti di soklah dalam kelas
·         Adanya tahap-tahap pembelajran yang sudah terncana
Adapun kelebihan dan kekurang pembelajarn langsung ini adalah
Menurut Depdikas dalam Sudrajat (2011) adalah sebagai berikut :
a) guru mampu mengedalikan isi materi yang akan diajarkan
b) Dapat diterapkan secara efektif dalam kelas yang besar maupun kecil.
 c) guru lebih mudah mengenali dari karakteristik siswanya
d) guru bisa melibatkan siswanya dalam proses pemebelajaran
e) guru bisa mengontrol terjadinya proses pembelajaran
sedangkan Kelemahan pembelajaran langsung menurut Depdiknas (Sudrajat ,2011) yaitu
a)      Memerlukan banyak waktu
b)      Biaya yang mahal
c)      Pembelajaran bergantung pada guru
d)     Sulit memahami berbagai karakteristik siswa
e)      Materi yang tersampaikan sedikit

2.      Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)
Menurut Arends (dalam Trianto, 2010:92-94) pengajaran berdasarkan masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inquiri dan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa modeel pembelajaran PBM adalah suatu model pembelajran yang diawali dengan pemberian masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kepada siswa yang bertujuan agar siswa lebih paham dan lebih mengerti.
Adapun kelebihan dan kekurangan model pembelajara  PBM menurut Trianto (2010:96-97)  adalah:
1. Realistik dengan kehidupan siswa
 2. Konsep sesuai dengan kebutuhan siswa
3. Memupuk sifat inquiry siswa
 4. Retensi konsep jadi kuat
 5. Memupuk kemampuan Problem Solving.
Kekurangan:
1. Persiapan pembelajaran (alat, problem, konsep) yang kompleks
2. Sulitnya mencari problem yang relevan
3. Sering terjadi miss-konsepsi
4. Konsumsi waktu, dimana model ini memerlukan waktu yang cukup dalam penyelidikan.
Dari uraian tentang kelebihan dan kekurangan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PBM merupakan suatu rangkaian pendekatan kegiatan belajar yang diharapkan dapat membantu siswa untuk menjadi seorang individu yang mandiri dan mampu menghadapi setiap permasalahan dalam hidupnya di kemudian hari.dan siswa lebih mudah dan pahan dengan pembelajaran,karna materinya dikaitkan dengan kehidupan sehari-harinya.
3.      Model Pembelaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Pendekata (PMRI) Pendidikan Matematika Realistik Indonesia adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang mengungkapkan pengalaman dan kejadian yang dekat dengan siswa sebagai sarana untuk memahamkan persoalan matematika. (Depdiknas, 2010: 7).
Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini adalah suautu model pemeblajaran yang diakaitkan dengan kenhidupan nyata siswa yang bertujuan agar siswa lebih cepat dan mudah untuk memahami pemeblajaran tersebut.
Adapun ciri- ciri pemeblajaran tersebut adalah sbb:
1.      Pembelajaran nya dikaitkan dengan masalah
2.      Masalah pemebelajaran nya biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa
3.      Siswa lebih aktif dalam pemeblajaran
4.      Interkasi antara guru dan siswa lebih dekat dalam memecahkan permeslahan yang berkaitan denga pemeblajaran.

4.      Model pembelajaan kontekstual
Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata, sehingga siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari (Mulyasa: 2006: 102)
            Jadi dapat disimpulkan bahwa pemeblajaran ctl adalah suato model pembelajaran yang menekan keterlibatan siswa dalam pemeblajaran,dan tidak jauh berbeda dengan model pembelajaran sebelumnya.
            Adpun ciri-ciri model pembelajaran CTL yang adapat saya simpulkan adalah :
1.      Awal pembelajaranya dimulai dengan mengitkan siswa dalam proses pembelajaran
2.      Pembelajaran nya dengan memberikan beberapa tugas-tugas
3.      Pemeblajaran ini bermaksud untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa
4.      Pemeblajaran nya menyenangakan
5.      Tahap pembelajaran nya dari kotruktvisme (pembelajaran), inquiri (menemukan), bertanaya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian.

5.      Model pembelajaran kooperatif
Menurut Slavin (1985), cooperative learning adalah suatu model pembelajaran dimana siswa  belajar dan bekerja dalam kelompokkelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperatif adalah suatu model pembelajaran kerja sama antar siswa baik dalam berkelompok,individu,dan saling menghragai antar sesama.
            Adapun kelebihan dan kekuarngan model belajar kooperatif ini menurut kesimpulan saya adalah:
1.      Pemebelajaran dominan kelompok
2.      Melatih kemampuan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok
3.      Hubungan terjalin baik antar siwa
4.      Siswa ikut serta dalam pengelolaan kelas
Dan kekuangan nya:
1.      Tidak terlalu menonjol kemapuan siswa yang pintar
2.      Sisa yang kuarang memahami materi tidak terlalu nampak
3.      Susah untuk menentukan pemahan siswa ,karan siiswa yang berkemampuan tinggi di gabung dengan siswa berkemampuan sedang.

       C.     Rumpun model mengajar
Rumpun model mengajar adalah suatu kerangka atau pola yang digunakan guru dalam menerapkan pemeblajaran.pembelajaran merupakan perpaduan dari kegiatan atau aktivitas belajar dan mengajar sehinnga terjadi proses memberi dan menerima pemebelajaran.pemeblajaran awalanya berawal dari kata ajar.

Adapun perbedan pengajaran dan pembelajaran adalah:
1.      Pengajar dilaksanakan dilaksanakan dengan proses,sedangkan pemebelajaran merupakan suatu kegiatan membelajarakan orang lain
2.      Pengajar ayaitu dari seorang guru,sedangkan pembelajaran bisa dari siapapun yang memiliki ilmu
3.      Pengajaran dibatasi usianaya,sedangkan pemeblajaran bisa dilakukan kapanpun
4.      Pengajaran dibatasi waktu dan tempat,sedangkan pembelajaran bisa dilakukan kapanpun dan disini ada proses belajar dan mengajar.

Adapun jenis-jenis rumpun model mengajar adalah:
1.      Rumpun pesonal
Jika kita lihat kata personal biasanya berarti tantang pribadi atau diri sendiri,yang mana disini maksud rumpun personal adalahsuatu pola tertentu untuk mengembnagkan kemampuan pribadi,atau personal.adapun pembagian rumpun personal yaitu:
·         Pengajaran non didekti yaitu kerjasama antara guu dan siswa
·         Peningkatan harga diri
2.      Rumpun model sistem perilaku
Model megajar rumpun ini dimaksudkan untuk mengajar tata cara perilaku dalam lingkungan nya.
·         Belajar tuntas dan terperogram yaitu suatu pembelajaran yang sudah diprogramkan atau direncanakan sebelumnya dibelajarkan sampai tuntas dan selesai
·         Pembelajaran langsung yaitu suatu pemebelajaran yang dilakukan secara langsung dengan tatap muka atau berinteraksi secara langsung
·         Belajar melalui simulasi yaitu setelah kita belajara dan untuk menguji pengetahuan kita tentang pelajaran tersebut maka perlu diadakan simulasi yaitu unttuk mengukur kemampuan kita dan sebagai tindakan atau umpan balik






Daftar Rujukan
Sagala S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Bumi Aksara
Slavin.2010. Cooperative Learning Teori  Riset dan Prakti. Bandung :Nusa Media
Djamarah ,s.B. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung Rineka Cipta
Dapartemen Pendidikan Nasaional RI NO 41 TH 2007 Tentang Standr Prose untuk Satuan Pendidikan


Komentar

  1. Menurut pendapat saudara mode apa yang paling sering digunakan guru dalm pbm agar siswanya mudah memahaminy??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut pendapat saya model pembelajaran yanh seringsdigunakan dalam pbm dan dapat membuat mudah memahaminya adalah model CTL karna model mengajar ini cocok digunakan di sd karna model pemeblajaran ini mengaitkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dan proses pembelajaran nya pun dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa yang bertujuan siswa mampu mengkinteibusikan pengetahuan nya kedalam pemebelajaran.

      Hapus
  2. Jelaskan bagaimana strategi pembelajaran dengan menggunakan discovery learning?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strategi pembelajaran dengan menggunakan discovery learning menurutmpendapat saya adalah suatu strategi yang digunakan guru untuk membuatmpesrta diidik nya aktif dalam belajar, yaitu dengan cara guru memberikan pembelajaran tidak secara tuntastdan kemudian guru meminta siswa untuk aktif mencari dan menemukan pembelajaran yang lainnya dan di akhir pembelajaran guru dan siswa sama sama menarik kesimpulan daridpembelajaran nya

      Hapus
  3. Bgaimna cara mngaplikasikan model blajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya cara mengaplikasikan model belajar yaituydengan cara memilih salah satu model belajar yang ingin kita terapkan misalnya modelmbelajar kooperatif cara mengaplikasikannya adalah dwngan cara guru menjelaskan tujuan pembelajaran kemudian guru memberikan motivasi, lalu gurugmemberikan materi dengan cara memmbuat siswa belajar secara kelompok, lalu guru mengawasi jalannya diskusi, kemudian guru memberikan simulasi dan di akhir pembelajarn guru dan siswa menarik kesimpulan dari pembelajaran nya.

      Hapus
  4. Bagaimna mngaplikasikan model blajar

    BalasHapus
  5. Hidup guru💪 Guru itu ibarat kayu yang terbakar dia menjadikan dirinya abu tapi semua orang menjadikannya terang”

    BalasHapus
  6. Model pembelajaran seperti apa yang mudah di terapkan kepada siswa SD kelas rendah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model pembelajaran ctl, model ini mudah di terapkan di kelas rendah, karna model ini pembelajran nya dikaitkan dengan kehidupan sehari hari siswa, sehinnga siswa lebih mudah paham dan mengerti pembelajran nya

      Hapus
  7. Model pembelajaran apa yang cocok untuk anak yang pemalas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model pembelajaran berbasis masalah, karna dengan model pembelajaran ini siswa akan merasa tertantang untukenyelesaikan masalah ang berkaitan dengan pembelajaran dan siswa tidak akan merasa malas lagi karna pembelajaran nya sepenuhnya dilakukan siswasdan guru hanya mengontrol pembelajaran nya

      Hapus
  8. Jelaskan syarat-syarat terjadinya pembelajaran...
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syara terjadinya pembelajaran adalah adanya inyeraksi,, adanya pemngajara adanya peserta didik, adanya metode dan strategi mengajar, serta adanya materi pembelajaran

      Hapus
  9. Bagaimana cara penerapanya dalam pembelajaran nya di sd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara penerapan model pembelajaran didsd adalaha guru harus memilih salah satu model pembelajaran nya misal nya model mengajar kooperatif yaitu dalam mengajar guru membuat kelompok besar atau kecil untuk siswa dan ciri utama kooperatif adalah belajarbdengan kelompok

      Hapus
  10. Menurut bsaudafa apakah model pembelajaran ctl bisa digunakan dikelas rendah? jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya bisa, dan ituitergantung kepada guru apakah ia mampummenerapkan nyan...selain itu model ctl cocok juga digunakan di kelas rendah karna model ini mengaitkan kan siswa dalam pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, serta dikaitkan dengan kehidupan sehari hari anak, agar anak lebih mudah memahami pembelajaran nya

      Hapus
  11. Good job 🖒
    Menurut Anda apakah dalam satu kali kegiatan pbm seorang guru bisa menerapkan dua model pembelajaran atau lebih ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut pendapat saya bisa, dan itu tergantung pada guru apakh ia mmpu menerapkan nya.adapun contoh model pembelajaran yang sekaligus 2 model di terpkan guru misalnya:model pembelajaran berbasis masalah dan kooleratif. Yang mana di awal pembelajaran guru memberi model belajar pbl yang berkaitan dengan masalah yang ada di kehidupan sehari hari siswa dan dalam memecahkan masalah siswa diminta untuk berkelompok atau kooperati dalam menyelesaikan masalah itu..
      Dan itu contoh 2 model pembelajaran yang diterapkan di dalam satu pembelajaran

      Hapus
  12. Bagaimana peran guru dalam menanamkan sebuah karakter seorang siswa agar menjadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya peran guru dalam menanamkan karakter yang baik pada siswa sangat berpengaruh selaku seorang pendidik, adapun usaha guru dalam menanamkan karakter yang baik adalah dimulai dari guru nya yang memberikan contoh karakter yang baik itu pada siswa nya misalnya menghargai orang yang lebih tua dan bagaiman cara berinteraksi yang baik dengan orang dan itu semua dimulai dari guru, kemudian mengaitkan pembelajaran dan memberikan contoh yang baik dalam kegidupan sehari hari..

      Hapus
  13. Menurut saudara, apa perbedaan metode pembelajaran di kota dan di desa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya metode pembelajaran di kota dan di desa sama saja, mungkin cara penerapan nya yang agak berbeda.
      Misal di kota lebih ke tekhnologi dan di desa lebih dengan manual dan kontekstual, dll

      Hapus
  14. Menurut anda metode pembelajaran apa yang cocok untuk mengkaji pembangunan di indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah menurut saya metode yang cocok untuk mengkaji pembangunan di indonesia adalah model pbl karna model pembelajaran ini diawali dengan masalah dan dengan itu siswa akan merasa tertantang untuk mencari pembahasan tentang pembangunan di indonesiai.

      Hapus
  15. Setelah saya baca, mulai dari pengertian model pembelajaran dan macam model pembelajaran serta rumpun pembelajaran...
    Jadi dari yg 4 model pembelajaran.... mana model yang paling cocok bagi seorang guru agar sampai ke pada siswanya, juga apakah dalam waktu bersamaan bisa di satukan macam-macam model pembeljaran itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya semua model belajar itu cocok digunakan dlam penyampaian materi kepada siswas, tinggali tergantung kepada guru bagaiman ia menerapkan model pembelajaran nya apakah sampai atau tidak. Dan dlam waktu bersamaan model belajar itu bisa diterpkan secara bersama contoh nya model belajar langsung dan kooperatif. Dimana saat melaksanakan model belajar langsung guru juga bisa menerapkan model kooperatif dengan cara belajar berkelompok

      Hapus
  16. Sebutkan contoh pembelajaran yang dikaitkan dg masalah terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih anna tasya clon buk bidan atasapertanyaan nya,😅 menurut saya contoh pembelajaran yang dikaitkan dengan masalah misalnya pada pembelajaran ipa mengenai makhluk hidup, jadi guru memberikan permasalahan tentang bagaimana ciri ciri dari manusia sebagai makhluk hiduph Dengan itu siswa akan berfikir bagaimana ciri ciri mkhluk hidup dan mencoba mencari pembahasan yang berkaitan dengan itu.

      Hapus
  17. Bagaimana kita nanti seorang guru menerapkan metode tersebut.mohon jawabannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai seorang calon guru cara kita menerapkan metode belajar tersebut adalah dengam cara memahami karakteristik siswa dan kemudian memahami model pembelajaran yang cocok untuk siswa tersebut dengan cara mempertimbangkan segala aspek baik itu dari kelebihan maupun kekurangan nya

      Hapus
  18. bisakah anda menjelaskan apa perbedaan rumpun personal dan rumpun model sistem perilaku secara lebih detail?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya perbedaan model rumpun personal dan prilaku adalah:kalau rumpun personal pengajaran nya lebih ke kepribadian siswa sedangkan rumpun prilaku proses pengajaran nya lebih ke bagaimana cara mengajarkan tata prilaku agar menjadia baik

      Hapus
  19. Menurut saya model pembelajaran yang cocok untuk anak autis adalah, districtrete trial training dari lovaal teori ini cocok digunakan karna metode nya sudah terstruktur sehingga mudah diajarkan dan mayerinya tersdia walupun harus disesuaikan dengan bahsanya

    BalasHapus
  20. Apa sih perbedaan model pembelajaran langsung itu dengan ceramah,coba jelaskan beserta contoh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya kedua model itu hampir sama saja karna pembelajaran nya disampaikan dengan tatap muka dan bertemu langsung....mungkin letak perbedaanya pada sistem pembelajaran nya misalnya kalau medel ceramah sumber belajar nya dari guru sedangkan model belajar langsung sistem belajarnya bisa dari guru, kelompok ataupun dengan pemberian masalah terlebih dahulu

      Hapus
  21. Coba saudari kemukan, model manakah yang cocok untuk di terapkan pada anak didik kelas rendah (1-3 sd)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya model pembelajaran langsung dan ceramah juga cocok digunakan, karna di kelas rendah siswa belum paham apapun makamnya metode lanhsung dan ceramah cocok diterapkan

      Hapus
  22. di paragraf awal artikel
    ketika membahas model belajar, penulis justru membawakan konsep pembelajaran.
    Padahal seperti yang telah dipelajari dalam materi pertama strategi pembelajaran, makna dan konsep belajar berbeda dari pembelajaran.
    sehingga muncul pertanyaan

    apakah model belajar dengan model pembelajaran itu sama?
    bukan kah beajar dan pembelajaran itu berbeda?
    tolong berikan penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah saya akan coba menjawab, menurut saya perbadaan model belajar dan pembelajaran adalah: kalu model belajar yaitu cara atau pola siswa atau sessorang untuk dapat memahami pembelajaran nya secara baik, sedangkan model pembelajaran adalah cara, langkah, atau pola seorang guru dalam pembelajaran nya,, jadi dapat saya simpulkan beda metode belajar dan pembelajaran adalah terletak pada objek nya kalau metode ajar berorientasi pada siswa atau seseorang yang belajar dan metode pembelajaran berorientasi pada guru atau seseorang yang mengajarakan ilmi

      Hapus
    2. Menurut saudara, model pembelajaran apakah yang mudah di mengerti oleh siswa?

      Hapus
    3. Menurut saudara, model pembelajaran apakah yang mudah di mengerti oleh siswa?

      Hapus
    4. Model pembelajaran yang mudah dimengeri siswa adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kd dan ki pembelajaran, serta model pembelajaran yang bervariasi diberikan guru agar siswastidak bosan

      Hapus
  23. Apakah seorang guru bisa menerapkan sekaligus 2 model untuk siswa SD kelas rendah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja misalnya metode ceramah dan pembelajaran bebasis masalah

      Hapus
  24. Harrah's Las Vegas Casino & Hotel - Mapyro
    The casino and hotel is located 남원 출장마사지 on the Las Vegas 충청북도 출장마사지 Strip and is conveniently located 경주 출장안마 in Downtown Las Vegas, within 군포 출장마사지 a 10-minute drive 김제 출장마사지 of Golden

    BalasHapus

Posting Komentar