pengertian belajar,karakteristikdan perkembangan siswa dan karakteristik pembelajarn sd

                                                            strategi pembelajaran ke-2


     A.    Pengertian belajar
Menurut skinnner (1954:1965) belajar adalah sutu perilaku yang pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila dia tidak belajar maka responya menurun.
Menurut Gagne (1977) belajar adalah kegiatan yang kompleks dan hasil belajar berupa kapabiltas dan setelah orang belajar orang memiliki keterampilan,pengetahuan,sikap,dan nilai.dan itu timbul dari stimulus dari lingkungandan proses kognitif saat belajar.
            Jadi dapat saya simpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan atau peningkatan perilaku kepribadian seseorang dan berbagai kemampuan kearah yang lebih baik serta belajar tidak terbatas akan oleh waktu,tempat.
    B.     Karakteristik proses belajar dan tahap perkembangan siswa sekolah dasar
Karakteristik proses belajar
·         Adanya perubahan,baik itu prilaku,kemampuan,atau kepribadian
·         Adanya proses interaksi
·         Adanya suatu kegiatan yang kompleks
·         Ada proses kognitif
·         Adanya pelaku dalam belajar
·         Adanya tujuan dan proses
·         Adanya manfaat atau hasil
·         Adanya pendekatan dalam pembeljaran dan adanya kurikulum.
Tahap perkembangan siswa sekolah dasar
·         Masa kanak-kanak akhir (6-12 tahun) pada masa ini disebut masa bermain dengan ciri siswa sudah mulai suka keluar rumah dan memasuki kelompok sebaya nya dan memmilih kawan untuk bermain .pada masa ini siswa secar fisik memungkinkan untuk memasuki kelompok sebayanya dan dorongan mental serta mampu memahami konsep,logika,dan dan simbol dari makna tertentu.
·         Tahap perkembangan fisik,pada usia sekolah dasar perkembngan fisik anak sudah bangus untuk memasuki dunia bermain dengan teman sebaya nya
·         Menurut piaget tahap perkembangan kognitf anak sd terbagi 2 yaitu siswa kelas rendah dan tinggi,siswa kelas rendah memiliki perkembnagn aspek kognitif yang masih agak kurang kritis diman pembeljaran di kelas rendah harus degan benda yang konkret agar mereka lebih mudah paham,sedangkan dikelas tinggi pemahaman nya sudah baik dan mereka sudah mamapu engerti pebelajaran yang bersifat abstrak
·         Perkembangan sosial nya jika di kelas rendah sangat bagus mereka saling peduli satu sama lain,di kelas tinggi rasa sosial nya agak berkurang karna adanya kelompok-kelompok atau geng
·         Perkembangan bahasa kelas rendah agak minim dimana mereka baru mengerti sedikit bahasa dan bahasa nya pun masih pendek-pendek,di kelas tinggi perkembngan bahasanya sudah berubah diman pada kelas tinggi siswa lebih dominan cerewet dan menguasai banyak bahasa
·         Perkembangan moral siswa kelas rendah sangat bangus diman mereka sangat menghormati guru dan temannya sedangkan dikelas tinggi sedikit berubah karna terjadinya ledakan emosi dan adanya rasa memikirkan diri sendiri

      C.     Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar
1.      Di kelas rendah
·         Siwa membeutuhkan perhatian khusus dari guru dalam pembelajaran
·         Belajar secara konkret
·         Belajar secara utuh dari guru ke siswa
·         Belajar dari hal yang sederhana ke hal yang kompleks
·         Adanya pemebelajaran yang bermakna
·         Belajar kelompok
2.      Di kelas tinggi
·         Belajar kritis
·         Mulai belajar secara abstrak
·         Belajar secar tuntas
·         Siswa mulai mandiri dalam belajar
3.      Pembelajaran nya mencapai kompetensi
4.  Adanya kompetensi kelulusan yang dapat dijadikan pdoman seperti :mengenai prilaku,sikap,rasa cinta,kemampuan berfikir,dan keindahan.

                                                  

                                                          Daftar Rujukan 
Dimyati,Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta



Komentar

  1. Menurut sauaa apakah cara berinteraksi dengan kelas rendah sma dengan kelas tinggi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya cara berinteraksi di kelas rendah dan kelas tinggi itu berbeda,dimana jika berinteraksi dengan kelas rendah maka guru harus bersikap ceria dan begitu juga dalam menyampaikan materi pembelajaran guru harus memberi alat peraga atau mengaitkanya dengan kehidupan anak karna anak belum mampu untuk berfikir secara kritis. Sedangkan jika berinteraksi dengan kelas tinggi guru harus sedikit tegastdan dalam menyampaikan pelajaran yang agak kompleks siswa sudah mampu untuk berfikir secara kritis.

      Hapus
  2. Biasnya kendala apa yang paling signifikan ketika mengajar anak kelas tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kendalakyang dihadpi guru didkelas tinggi adalah seperti kurang nya pemahan guru terhadap pembelajaran, kurang pandai nya guru dalam menetukan alat peraga pembelajaran, guru kesulitan dalam pengelolaan kelas, guru salah dalam memilih metode pembelajaran, guru tidak memahamimkarakteristik belajar siswa

      Hapus
  3. Bagaimana cara mengembangkan aspek kognitif, efektif dan berimplikasi pada aspek psikomotorik pada perkembangan siswa sd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengembangkan aspek kognitif anak yang berimplikasi padap afektif dan psikomotor adalah dengan cara memberikan pembelajaran yang bermakna pada siswa, dan dengan cara mengaitkan pembelajarn dengan kehidupan sehari hari, dengan itu kemampuan kognitif dandafektif siswasakan beekembang dan kemampuan psikomotor berkembang melalui penerapan pembelajran dalamdkehidupan sehari hari

      Hapus
  4. Mngapa kmpetnsi klulusan mnjdi pdoman dalam karakteristik pmbelajaran mhon pnjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kompetensi kelulusan didjadikan pedoman dalam karakteristik belajar bertujuan agar nantinya guru tidak slah dalam menentukan karakteristik belajar dan nantinya siswa mampu mencapai standar kelulusan yang yelah ditentukan

      Hapus
  5. Menurut saya standar kelulusan dijadikan sebagai pedoman dalam karakteristik belajar adalah agar nantinya guru tidak salah dalam menetukan karakteristik belajar. Dan semua siswanya bisa mencapai standar kelulusan yang telah ditetapkan

    BalasHapus
  6. Apakah dalam mengajar anak kelas rendah memiliki kendalah yang banyak kalau iya coba anda jelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenar nya itu semua tergantung pada kita sebagai seorang guru yang akan mengajar di kelas rendah, dan sebenar nya tidak ada kendala yang sulit dalam memgajar kelas rendah

      Hapus

Posting Komentar