pengertian belajar,karakteristikdan perkembangan siswa dan karakteristik pembelajarn sd
strategi pembelajaran ke-2
A.
Pengertian belajar
Menurut skinnner (1954:1965) belajar adalah sutu perilaku
yang pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik dan sebaliknya
bila dia tidak belajar maka responya menurun.
Menurut Gagne (1977) belajar adalah kegiatan yang
kompleks dan hasil belajar berupa kapabiltas dan setelah orang belajar orang
memiliki keterampilan,pengetahuan,sikap,dan nilai.dan itu timbul dari stimulus
dari lingkungandan proses kognitif saat belajar.
Jadi
dapat saya simpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan atau
peningkatan perilaku kepribadian seseorang dan berbagai kemampuan kearah yang
lebih baik serta belajar tidak terbatas akan oleh waktu,tempat.
B.
Karakteristik
proses belajar dan tahap perkembangan siswa sekolah dasar
Karakteristik proses belajar
·
Adanya
perubahan,baik itu prilaku,kemampuan,atau kepribadian
·
Adanya proses
interaksi
·
Adanya suatu
kegiatan yang kompleks
·
Ada proses kognitif
·
Adanya pelaku dalam
belajar
·
Adanya tujuan dan
proses
·
Adanya manfaat atau
hasil
·
Adanya pendekatan
dalam pembeljaran dan adanya kurikulum.
Tahap perkembangan siswa sekolah dasar
·
Masa kanak-kanak
akhir (6-12 tahun) pada masa ini disebut masa bermain dengan ciri siswa sudah
mulai suka keluar rumah dan memasuki kelompok sebaya nya dan memmilih kawan
untuk bermain .pada masa ini siswa secar fisik memungkinkan untuk memasuki
kelompok sebayanya dan dorongan mental serta mampu memahami konsep,logika,dan
dan simbol dari makna tertentu.
·
Tahap perkembangan
fisik,pada usia sekolah dasar perkembngan fisik anak sudah bangus untuk
memasuki dunia bermain dengan teman sebaya nya
·
Menurut piaget
tahap perkembangan kognitf anak sd terbagi 2 yaitu siswa kelas rendah dan
tinggi,siswa kelas rendah memiliki perkembnagn aspek kognitif yang masih agak
kurang kritis diman pembeljaran di kelas rendah harus degan benda yang konkret
agar mereka lebih mudah paham,sedangkan dikelas tinggi pemahaman nya sudah baik
dan mereka sudah mamapu engerti pebelajaran yang bersifat abstrak
·
Perkembangan sosial
nya jika di kelas rendah sangat bagus mereka saling peduli satu sama lain,di
kelas tinggi rasa sosial nya agak berkurang karna adanya kelompok-kelompok atau
geng
·
Perkembangan bahasa
kelas rendah agak minim dimana mereka baru mengerti sedikit bahasa dan bahasa
nya pun masih pendek-pendek,di kelas tinggi perkembngan bahasanya sudah berubah
diman pada kelas tinggi siswa lebih dominan cerewet dan menguasai banyak bahasa
·
Perkembangan moral
siswa kelas rendah sangat bangus diman mereka sangat menghormati guru dan
temannya sedangkan dikelas tinggi sedikit berubah karna terjadinya ledakan
emosi dan adanya rasa memikirkan diri sendiri
C.
Karakteristik
pembelajaran di sekolah dasar
1.
Di kelas rendah
·
Siwa membeutuhkan
perhatian khusus dari guru dalam pembelajaran
·
Belajar secara
konkret
·
Belajar secara utuh
dari guru ke siswa
·
Belajar dari hal
yang sederhana ke hal yang kompleks
·
Adanya
pemebelajaran yang bermakna
·
Belajar kelompok
2.
Di kelas tinggi
·
Belajar kritis
·
Mulai belajar
secara abstrak
·
Belajar secar
tuntas
·
Siswa mulai mandiri
dalam belajar
3.
Pembelajaran nya
mencapai kompetensi
4. Adanya kompetensi
kelulusan yang dapat dijadikan pdoman seperti :mengenai prilaku,sikap,rasa
cinta,kemampuan berfikir,dan keindahan.
Daftar Rujukan
Dimyati,Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta
Menurut sauaa apakah cara berinteraksi dengan kelas rendah sma dengan kelas tinggi??
BalasHapusKalau menurut saya cara berinteraksi di kelas rendah dan kelas tinggi itu berbeda,dimana jika berinteraksi dengan kelas rendah maka guru harus bersikap ceria dan begitu juga dalam menyampaikan materi pembelajaran guru harus memberi alat peraga atau mengaitkanya dengan kehidupan anak karna anak belum mampu untuk berfikir secara kritis. Sedangkan jika berinteraksi dengan kelas tinggi guru harus sedikit tegastdan dalam menyampaikan pelajaran yang agak kompleks siswa sudah mampu untuk berfikir secara kritis.
HapusBiasnya kendala apa yang paling signifikan ketika mengajar anak kelas tinggi?
BalasHapusMenurut saya kendalakyang dihadpi guru didkelas tinggi adalah seperti kurang nya pemahan guru terhadap pembelajaran, kurang pandai nya guru dalam menetukan alat peraga pembelajaran, guru kesulitan dalam pengelolaan kelas, guru salah dalam memilih metode pembelajaran, guru tidak memahamimkarakteristik belajar siswa
HapusBagaimana cara mengembangkan aspek kognitif, efektif dan berimplikasi pada aspek psikomotorik pada perkembangan siswa sd?
BalasHapusCara mengembangkan aspek kognitif anak yang berimplikasi padap afektif dan psikomotor adalah dengan cara memberikan pembelajaran yang bermakna pada siswa, dan dengan cara mengaitkan pembelajarn dengan kehidupan sehari hari, dengan itu kemampuan kognitif dandafektif siswasakan beekembang dan kemampuan psikomotor berkembang melalui penerapan pembelajran dalamdkehidupan sehari hari
HapusMngapa kmpetnsi klulusan mnjdi pdoman dalam karakteristik pmbelajaran mhon pnjelasannya
BalasHapusMenurut saya kompetensi kelulusan didjadikan pedoman dalam karakteristik belajar bertujuan agar nantinya guru tidak slah dalam menentukan karakteristik belajar dan nantinya siswa mampu mencapai standar kelulusan yang yelah ditentukan
HapusMenurut saya standar kelulusan dijadikan sebagai pedoman dalam karakteristik belajar adalah agar nantinya guru tidak salah dalam menetukan karakteristik belajar. Dan semua siswanya bisa mencapai standar kelulusan yang telah ditetapkan
BalasHapusApakah dalam mengajar anak kelas rendah memiliki kendalah yang banyak kalau iya coba anda jelaskan?
BalasHapusSebenar nya itu semua tergantung pada kita sebagai seorang guru yang akan mengajar di kelas rendah, dan sebenar nya tidak ada kendala yang sulit dalam memgajar kelas rendah
Hapus