PROSEDUR PEMBELAJARAN
MATERI 4
PROSEDUR PEMBELAJARAN
A.
KEGIATAN PRA DAN
AWAL PEMBELAJARAN
Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran sering pula
disebut dengan pra-instruksional. Fungsi kegiatan tersebut utamanya adalah
untuk menciptakan awal
pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Efisiensi waktu dalam
kegiatan pendahuluan pembelajaran perlu diperhatikan, karena waktu yang tersedia untuk kegiatan
tersebut relatif singkat sekitar 5
(lima) menit. Oleh karena
itu, dengan waktu yang relatif singkat diharapkan guru dapat menciptakan
kondisi awal pembelajaran yang baik, sehingga aktivitas-aktivitas pada awal
pembelajaran tersebut dapat mendukung proses dan hasil pembelajaran siswa .
Jadi dapat dideskripsikan bahwa kegitan ini dilakukan
guru hanya dalam waktu yang relatif singkat dan bertujuan untuk memulai awal
kegiatan belajar, dan guru bisa mengkondisikan kelas nya secara efektif dan
efesien. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan guru di awal pembelajaran
ini adalah sbb:
1.
Menciptakan kondisi
awal pembelajaran
a.
Menciptakan Sikap
dan Suasana Kelas yang Menarik Kondisi belajar
Hal
ini bisa dilakukan guru dengan cara menarik perhatian siswa agar siswa merasa
senang dengan pembelajaran yang akan diikutinya,misalnya dengan menanyakan
kabar siswa, atau melakukan suatu kegiatan yang membeaut siswa senang dan
merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya.
b.
Mengabsen Siswa
Kegiatan
mengabsen ini bisa dilakukan dengan cara memanggil satu persatu nama siswa atau
bisa juga dengan menghitung jumlah siswa yang hadir, atau bisa juga dengan
menyakan pada sisiwa siapa saja yang tidak hadir pada kegiatan pembelajaran
nya. Dan jika ada yang tidak hadir maka guru bisa menanyakan kepada
teman-temannya apa yang terjadi dengan siswa yang tidak hadir tersebut.
c.
Menciptakan
Kesiapan Belajar Siswa Kegiatan pembelajaran perlu didasari oleh kesiapan dan
semangat belajar siswa.
Guru
perlu mencek kesiapan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang akan dimulai, agar nantinya dalam pembelajaran siswa bisa
siap untuk menerima materi pembelajaran yang diberikan guru. Misalnya dengan
cara mempersiapkan fasilitas belajar seperti buku sumber dsb,memberikan
semangat kepada siswa dalam belajar
d.
Menciptakan Suasana
Belajar yang Demokratis
Untuk
menciptakan suasana kelas yang demokratis maka guru berpandai-pandai mengajar
siswa agar aktif dalam pembelajaran, misalnya dengan cara menyakan tentang
pembelajaran sebelumnya kepada siswa,atau memulai pembelajaran dengan bertanya
dulu pada siswa. Dan guru harus berpandai-pandai agar siswa mampu mengeluarkan
pendapatnya dalam pembelajaran tersebut.
2.
Melaksanakan Kegiatan
Apersepsi atau Melaksanakan Tes Awal.
Melaksanakan kegiatan
apersepsi bisa dilkukan guru dengan cara sebelum memasuki materi pembelajaran
baru maka guru memberikan pertanyaan pada siswa terkaitan materi pembelajaran
yang telah dipelajari sebelumnya atau melakukan tes awal ini bertujuan untuk
menguji pemahan siswa tentang pembelajaran sebelumnya agar pembelajaran
sebelumnya nya menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Ada
beberapa cara yang dapat digunakan dalam kegiatan apersepsi
di antaranya:
a.
Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari
sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji pemahaman siswa terhadap
pembelajaran sbelumnya dan pertanyaan nya hendak nya berkaitan dengan materi
sebelumnya serta bisa dikaitkan dengan materi pembelajaran selanjutnya jika
masih berhubungan.
b.
Memberikan komentar terhadap jawaban siswa serta mengulas materi
pelajaran yang akan dibahas. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan jawaban
atau pemaham siswa.
c. Membangkitkan motivasi dan perhatian
siswa
membangkitkan
motivasi siswa bisa dilakukan guru dengan cara memberikan pertanyaan dan
memberikan reward atas jawaban siswanya.
Dalam
melakukan kegiatan awal pembelajaran di antaranya guru harus:
a.
memahami karakteristik siswa nya.
b. dapat memotivasi siawa
c.
menciptakan kelas yang kondisif dan efektif
d.
memberikan penguatan pada siswa.
e. menanamkan disiplin pada siswa.
B. KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
Kegitan inti pembelajaran adalah suatu kegitan yang mana
pada kegitan ini guru mulai menyampaikan materi tentang pembelajaran dan ini
merupakan kegitan utama dalam proses pembelajaran. Langkah kegiatan inti yang
perlu dilakukan dalam pembelajaran
secara sistematis sebagai berikut:
1.
Memberitahukan
tujuan atau garis besar materi dan
kemampuan yang akan dipelajari.
Sebelum
menyapaikan materi pembelajaran maka guru akan menjelaskan tujuan dari
pembelajaran tersebut, hal-hal apa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran
tersebut dan hal ini biasanya tertera pada silabus atau kompetensi inti
pembelajaran.
2.
Menyampaikan
alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh
siswa.
Dalam
tahap ini guru akan menyampaikan cara pembelajaran nya apakah denga
diskusi,kelompok atau sebagainya, dan biasanya pada tahap ini terjadi kontrak
pembelajran antar guru dan sisiwa.
3.
Membahas
materi/menyajikan bahan pelajaran.
Prosedur
kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam
pembelajaran ini siswa harus aktif dan guru hanya berperan sebagi fasilitator
dalam pembelajarannya
4.
Setelah mengkaji
pembelajaran maka guru akan menetukan strategi,atau metode, pendekatan apa yang
dilkukan dalam mengajarnya misalnya siswa dibagi dalam berkelompok dan diminta
untuk mendiskusikan pembelajaran tersebut
5.
Setelah belajar
berkelompok maka siswa akan diminta untuk mendeskripsikan pengetahuan yang ia
dapat dari pembelajaran tersebut
6.
Kemudian guru
meminta siswa yang lainnya untuk menanggapinya
7.
Kemudian guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi siswa
8.
Dan yang terakhir
siswa dan guru sama-sam menarik kesimpulan dari proses pembelajaranya.
C.
Kegiatan Akhir dan
Tindak Lanjut Pembelajaran
Kegiatan
akhir dan tindak lanjut harus
dilaksanakan atas dasar perencanaan yang telah dibuat oleh guru. Guru perlu
merencanakan, dan melaksanakan kegiatan akhir dan tindak lanjut secara
efektif, efisien, fleksibel dan sistematis. Kegiatan akhir
dalam pembelajaran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan untuk menutup
pelajaran, tetapi juga sebagai
kegiatan penilaian hasil
belajar siswa dan kegiatan tindak lanjut.
Dapat dideskripsikan bahwa kegiatan akhir ini adalah
kegitan penutup dalam pembelajaran namun bukan hanya sekedar menutu tapi siswa
juga melakukan penilaian terhadap pembelajaran nya dan menentukan langkah apa
yang harus dilakukan dalam pembelajaran selanjutnta atau tindak lanjut guru.
Secara umum
kegiatan akhir dan tindak lanjut
pembelajaran yang harus dilakukan
oleh guru di antaranya:
1) Menilai hasil
proses belajar mengajar.
2) Memberikan tugas/latihan yang dikerjakan di luar jam pelajaran.
3) Memberikan motivasi
dan bimbingan belajar.
4) memberi penguatan kepada siswa
5) menarik
kesimpulan dari pembelajarannya
6) menentukan materi selanjutnya
7) sebelum menutup pembelajaran maka guru bertanya pada
siswa tentang apa yang dipahaminya dalam pembelajaran tersebut
8) menutup pembelajaran dengan membacakan hamdalah
9) berdoa bersama
Daftar
Rujukan
MP Toto
Ruhitman. Prosedur Pembelajaran. (online). Diakses tgl 2 april 2019 :21.48
Jelaskan tujuan dari kegiatan tindak lanjut dlm pembelajaran
BalasHapusTujuannya adalah untuk menindak lanjuti siswa yang tidak paham dan tidak mengerti dengan pembeljaran, maka guru pun menindaklanjuti dengan cara mencarimjalan keluar agar siswa dapat memahami pelajran
HapusBagaimana kita sebagai guru cara menciptakan yg kondusif dan efektif di dalam kelas?
BalasHapusCara kita sebagai calon guru untuk menciptakan kelas yang kondusif bisa dilakukan dengan cara membukampembelajaran dengan menerapkan prosedur pembelajaran yang diatas, kemidian bisa juga dilakukanddengan cara memberikan ice breaking dan sebagai calin guru kita harus ceria dalam pembelajaran
HapusBagaimana menciptakan suasana yang nyaman dan baik dlam kelas dalm suatu proses pembelajaran.
BalasHapusCara nya yang pertama kita harus memperhatikan apa yang menjadi penyebab suasan kelas tidak nyaman.. Kemudian untuk mengatasi ituidan membuat kelas kita kembali kondusif maka kitak bisa melakukan metode yang bervariasi agar siswa tidak bosan dan kelas kita pun kondusif
HapusDalam kegiatan inti guru memberikan materi kepada siswa.. bagaimana cara yg dlakukn guru agar materi tersbut mudah dipahami anak??
BalasHapusAgar siswa mudah mengerti terhadap pembelajaran yang kita sampaikan bisa kita lakukan dengan cara menggunakan strategi yang bervariasi dalam menyampaikan materi dandselain itu kita juga bisa mengaitkan materi kita dengan kehidupan sehari hari siswa
HapusBagaimana cara memberikan penguatan kepada siswa
BalasHapusCara memberikan penguatan pada siswa bisa dilakukan dwngan cara mengaitkan siswa dengan pembelajaran kita, kemudian bisa juga kita lakukan dengan cara menambahkan jawaban atau pendapat siswa atas pembelajaran kita
HapusSebutkan dan jelaskan contoh motivasi yang bisa di berikan seorang guru kepada murid nya?
BalasHapusContoh motivasi nya bisa dengan cara memuji atau mensuport atau memberi rewardr kepada siswa
HapusBagaimana upaya yang perlu dilakukan guru untuk mewujudkan kondisi awal pembelajaran yang efektif?
BalasHapusUpaya yang dilakukan seorang guru bisa dilakukan dengan cara mengikuti prosedur pembelajaran seperti yang sudah dibahas diatas, misalnya mengabsen siswa, berdoa dsb
HapusJelaskan apa cara efektif untuk menyampaikan sebuah materi, sehingga tercapai tujun pembelajaran?
BalasHapusCara yang efektif bisa dilakukan dengan cara memberikan metode pembelajaran yang bervariasi atau bisa juga dilakukan dengan cara memberikan materi dengan tegas pada siswa
HapusBgamna pmbljran yg baik
BalasHapusPembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang sesuai dengan prosedur pembelajaran
HapusApabila guru tidak melaksanakan prosedur pembelajaran secara benar maka apa dampaknya pada siswa?
BalasHapusDampak nya bisa terjadi nya pembelaharan tidak kondusif
HapusBerikan contoh kegiatan inti pembelajaran????
BalasHapusContoh kegiatan inti pembelajaran adalah saat guru menerangkan pembelajaran
HapusApabila salah satu langkah pembelajaran tidak dilakukan oleh guru apakah pembelajaran dapat berjalan dengan baik?
BalasHapusKalau menrut pendapat saya pembelajaranptidak akanaberjalan dwngan baik, misalnya saja kegiatan inti tertinggal maka pembwlajaran tidak akan efektif
HapusBagaimana cara guru membuat suasana belajar yang kondusif,saat siswa tidak fokus untuk belajar lagi
BalasHapusCara nya bisa saja dilakukan dwngan cara memberikan ice brwaking atau membuat metode pembelajaran yangybervariasi
HapusCara guru misalnya dengan cara memberi ice breaking atau membuat motede belajar yang bervariasi
HapusBisa dilakukan dengan cara membuat ice breaking agar siswa kembali berkonsentrasi atau bisa juga dengan memvariasikan metode pembelajaran
HapusApakah prosedur pembelajaran itu penting dilakukan seorang guru??
BalasHapusProsedur pembelajran itu sangat penting karna jika tidak adaa prosedurvpembelajran maka prosesppembelajran tidak akan efektif
HapusApa yang terjadi jika prosedur pembelajaran tidak dilakukan secara berurutan
BalasHapusJika prosedur pembelajaran tidak dilakukan secara berurutan maka pembelajaran tidak akan efektif dan efesien
Hapusmenurut anda bagaimana konsep pembelajaran pada kegiatan inti?
BalasHapusKonsep pembelajaran pada kegiatan ini maksudnya adalah di dalam kegiatan inti tersebut maka terjaditprosese pmbelajaran dan pda kegiatan inti ini juga guru menyampaikan materi
HapusBagaana cara menciptakan suasaa kelas yg kondusif
BalasHapusCara menciptakan kelas yang kondusif adalah bisa dengan cara mengikuti prosedur pembelajaran denagn baik dan bisa juga dengan memvariasikan model pembelajaran, memberikan ice breaking, dan menyampaikan materi dengan tegas
HapusBagaimana caranya membuat anak senang belajar dengan kita?
BalasHapusJelaskan tujuan pembekaan dalam pembelajaran?
BalasHapusTadi ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam kegiatan apersepsi, jadi disini saya minta penjelasan bagaimana cara agar terciptanya keadaan kelas yang kondisif dan efektif itu?
BalasHapus