materi 12 disiplin kelas



MATERI KE-12
TENTANG
DISIPLIN KELAS

A.    HKIKAT DISIPLIN KELAS
1.      Pengertian disiplin kelas
Dalam buku Anitah.2008 Secara umum disiplin kelas dapat diartikan sebagai ketaatan pada aturan yang ditetapkan dan disiplin kelas dapat diartikan sebagai tingkat ketaatan siswa terhadap aturan dalam kelas dan teknik yang digunakan guru dalam membangun atau memelihara keteraturan dalam kelas tersebut.
Menurut turney dan cairns (1980) disiplin diartikan sebagai tingkat keteraturan yang terdapat pada satu kelompok  dan disiplin kelas diartikan sebagai teknik yang digunakan oleh guru untuk membangun atau memlihara keteraturan di dalam kelas.
Jadi dapat dideskripsikan bahwa disiplin kelas itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk membangun dan memelihara ketaatan siswa terhadap aturan dalam kelas demi tercapai nya pembelajaran yang efektif dan efesien.

2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kelas
a.       Faktor fisik
Disiplin kelas dilandasi oleh adanya interaksi guru dengan siswa dalam konteks kelas maka faktor fidik yang mempengaruhi displin kelas mencakup guru,siswa,dan ruangan kelas. Kondisi fisik guru tampak dari penampilannya dalam mengajara.
Kondisi fisik siswa yang orima tampak pada penampilannya serta kesehatan nya,dan kondisi fisik ruangan kelas yang mencakup keamanan dan susunan peralatan serta cara pengguanaan alat-alat pelajaran yang mempenagruhi tingkat kedisiplinan siswa.
b.      Faktor sosial
Hubungan yang akrab dan sehat saling mempercayai akan membuat dan mempenagruhi kedisiplinan kelas dan sebaliknya hubungan yang tak akrab dan tidak sehat akan mengurangi ketaatan siswa dalam kedisplinan kelas, oleh karna itu faktor sosial dan hubungan sosial antara siswa dan guru harus baik dan sehat karna itu berpenagruh pada kedisiplinan kelas.
c.       Faktor psikologis
Faktor psikologis ini mencakup perasaan dan kebutuhan. Siswa yang merasa sedih,marah,atau bosan maka akan berbeda tingkat kepatuhannya dengan siswa yang sedang bergembira.

3.      Teknik pembinaan kelas
Dalam buku saifuddin ,2018 teknik pembnaan disiplin kelas adalahsebagai berikut:
a.       Teknik inner control
Teknik ini disarankan digunakan guru dalam membina displin peserta didiknya teknik ini menumbuhkan kepekaan akan tata tertib yang ada dalam displin kelas
b.      Teknik external control
Yaitu mengenadaliakan diri dari luar berupa bimbingan dan penyuluahan dan teknik ini dalam menumbuhkan disiplin kelas melakukan penagwasan
c.       Teknik cooperative control
Dengan teknik ini pembinaan disiplin kelas dilakukan dengan cara bekerja sama guru dengan peserta didik dalam mengendalikan situasi kelas kearah terwujud nya tujuan kelas yang bersangkutan.

4.      Alasan diperlukan nya disiplin kelas adalah sebagai berikut:
a.       agar siswa mampu mendisiplinkan diri sendiri.
b.      disiplin merupakan pusat berputarnya kehidupan sekolah.
c.        disiplin yang tinggi akan menuju kepada terciptanya iklim belajar yang kondusif.
d.       tingkat ketaatan yang rendah akan menjurus kepada tidak terjadinya belajar yang diharapkan.
e.        jumlah siswa dalam satu kelas umumnya banyak.
f.        kebiasaan berdisiplin di sekolah diharapkan menghasilkan kebiasaan berdisiplin di masyarakat.
g.       Tingkat ketaatan siswa atau disiplin siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor yang cukup kompleks dan saling berkaitan, yang dapat dibedakan atas

5.      Penanaman disiplin kelas dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
a.       menjadi model atau memberi contoh,
b.       mengadakan pertemuan kelas secara berkala,
c.        menerapkan aturan secara luwes,
d.      menyesuaikan aturan dengan tingkat perkembangan anak, serta
e.       meningkatkan partisipasi siswa mengabaikan,
f.       menatap agak lama,
g.       menggunakan isyarat nonverbal,
h.       mendekati,
i.         memanggil nama, serta
j.         mengabaikan secara sengaja



B.     STRATEGI PENANAMAN  DAN PENAGANAN DISIPLIN KELAS
Pandanagn terhadap penanaman displin kelas akan menentukan cara guru dalam menanamkan dan menangani displin kelas, adapun pandanag tersbut adalah:
a.       Pandanagn yang berfokus pada guru  dan beranggapan bahwa siswa harus mengerjakan apa yang diinginkan guru
b.      Pandangan behaviorisme menyatakan bahwa perilaku dapat dipelajari dan dikontrol
c.       Pandanagn yang berfokus pada kepentinagn siswa yang beranggapan bahwa guuru harus tau kebutuhan siswanya dan berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.  
Dalam melakukan displin kelas maka guru akan melakukan beberapa hal agar segala aturan yang telah ditentuakan dalam disiplin kelas dapat terlaksana. Adapun beberapa startegi dalam melakukan penanganan dan menagatasi maslah dalam displin kelas  adalah sebagai berikut:
Menurut winzer 1995 cara menagatasi gangguan ringan
a.       Mengabaikan
b.      Menatap agak lama
c.       Menggunkan teknik non verbal
d.      Mendekati
e.       Memanggil nama
f.       Menagabaikan secara sengaja
Sedang untuk menangani ganguan yang berat maka bisa dilakukan degan car strategi :
a.       Memberi hukuman
b.      Melibatkan orang tua










Daftar Rujukan
Anitah w sn. 2008. Strategi pembelajran di SD. Jakarta :Universitas terbuka
Atanasius wiwid wijanarko.pengelolaan dan disiplin kelas.(online):16 juni 2019
Jurnal. Hakikat displin kelas.physicsmaster.orgree.(online):16 mei 2019.
Sifuddin. Pengeloaan Pembelajaran Teoritis dan praktis. Yogyakarta: Deepuplish

Komentar

  1. Tujuan adanya disiplin kles itu untuk apa.. mhn penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan adanyaa disiplin kelas agar dalam pembelajaranpsuasananya aman, dan terjadi pembelajaran yang kondusif

      Hapus
  2. Balasan
    1. Disiplin kelas itu seperti adanya aturan dlam kelas yang saling mengikat antara guru dan siswa

      Hapus
  3. Apakahvdisiolin kelas sama dengan pengelolaan kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama tetapi kalau displin kelas itu ada komitmen antar gurugdan siswa sedangkan pengelolaan kelas dilakukan seorang guru dalam pembelajatan nya agar tercapai pembelajaran yang efektif

      Hapus
  4. Balasan
    1. Dwngan adanya disiplin kelaskpembelajaran lebih aktif, aman dan kondusif

      Hapus
  5. Makasih materibnya sangat membantu

    BalasHapus

Posting Komentar