materi 12 disiplin kelas
MATERI KE-12
TENTANG
DISIPLIN KELAS
A.
HKIKAT DISIPLIN KELAS
1.
Pengertian disiplin kelas
Dalam buku Anitah.2008 Secara umum disiplin kelas dapat
diartikan sebagai ketaatan pada aturan yang ditetapkan dan disiplin kelas dapat
diartikan sebagai tingkat ketaatan siswa terhadap aturan dalam kelas dan teknik
yang digunakan guru dalam membangun atau memelihara keteraturan dalam kelas
tersebut.
Menurut turney dan cairns (1980) disiplin diartikan
sebagai tingkat keteraturan yang terdapat pada satu kelompok dan disiplin kelas diartikan sebagai teknik
yang digunakan oleh guru untuk membangun atau memlihara keteraturan di dalam
kelas.
Jadi dapat dideskripsikan bahwa disiplin kelas itu adalah
suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk membangun dan memelihara ketaatan
siswa terhadap aturan dalam kelas demi tercapai nya pembelajaran yang efektif
dan efesien.
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kelas
a.
Faktor fisik
Disiplin kelas
dilandasi oleh adanya interaksi guru dengan siswa dalam konteks kelas maka
faktor fidik yang mempengaruhi displin kelas mencakup guru,siswa,dan ruangan
kelas. Kondisi fisik guru tampak dari penampilannya dalam mengajara.
Kondisi fisik siswa
yang orima tampak pada penampilannya serta kesehatan nya,dan kondisi fisik
ruangan kelas yang mencakup keamanan dan susunan peralatan serta cara
pengguanaan alat-alat pelajaran yang mempenagruhi tingkat kedisiplinan siswa.
b.
Faktor sosial
Hubungan yang akrab
dan sehat saling mempercayai akan membuat dan mempenagruhi kedisiplinan kelas
dan sebaliknya hubungan yang tak akrab dan tidak sehat akan mengurangi ketaatan
siswa dalam kedisplinan kelas, oleh karna itu faktor sosial dan hubungan sosial
antara siswa dan guru harus baik dan sehat karna itu berpenagruh pada
kedisiplinan kelas.
c.
Faktor psikologis
Faktor psikologis
ini mencakup perasaan dan kebutuhan. Siswa yang merasa sedih,marah,atau bosan
maka akan berbeda tingkat kepatuhannya dengan siswa yang sedang bergembira.
3.
Teknik pembinaan kelas
Dalam
buku saifuddin ,2018 teknik pembnaan disiplin kelas adalahsebagai berikut:
a.
Teknik inner
control
Teknik
ini disarankan digunakan guru dalam membina displin peserta didiknya teknik ini
menumbuhkan kepekaan akan tata tertib yang ada dalam displin kelas
b.
Teknik external
control
Yaitu
mengenadaliakan diri dari luar berupa bimbingan dan penyuluahan dan teknik ini
dalam menumbuhkan disiplin kelas melakukan penagwasan
c.
Teknik cooperative
control
Dengan
teknik ini pembinaan disiplin kelas dilakukan dengan cara bekerja sama guru
dengan peserta didik dalam mengendalikan situasi kelas kearah terwujud nya
tujuan kelas yang bersangkutan.
4.
Alasan diperlukan nya disiplin kelas adalah sebagai
berikut:
a.
agar siswa mampu
mendisiplinkan diri sendiri.
b.
disiplin merupakan
pusat berputarnya kehidupan sekolah.
c.
disiplin yang tinggi akan menuju kepada
terciptanya iklim belajar yang kondusif.
d.
tingkat ketaatan yang rendah akan menjurus
kepada tidak terjadinya belajar yang diharapkan.
e.
jumlah siswa dalam satu kelas umumnya banyak.
f.
kebiasaan berdisiplin di sekolah diharapkan
menghasilkan kebiasaan berdisiplin di masyarakat.
g.
Tingkat ketaatan siswa atau disiplin siswa
dipengaruhi oleh faktor-faktor yang cukup kompleks dan saling berkaitan, yang
dapat dibedakan atas
5.
Penanaman disiplin kelas dapat dilakukan dengan berbagai
cara, antara lain:
a.
menjadi model atau
memberi contoh,
b.
mengadakan pertemuan kelas secara berkala,
c.
menerapkan aturan secara luwes,
d.
menyesuaikan aturan
dengan tingkat perkembangan anak, serta
e.
meningkatkan
partisipasi siswa mengabaikan,
f.
menatap agak lama,
g.
menggunakan isyarat nonverbal,
h.
mendekati,
i.
memanggil nama, serta
j.
mengabaikan secara sengaja
B.
STRATEGI PENANAMAN
DAN PENAGANAN DISIPLIN KELAS
Pandanagn terhadap penanaman
displin kelas akan menentukan cara guru dalam menanamkan dan menangani displin
kelas, adapun pandanag tersbut adalah:
a.
Pandanagn yang
berfokus pada guru dan beranggapan bahwa
siswa harus mengerjakan apa yang diinginkan guru
b.
Pandangan behaviorisme
menyatakan bahwa perilaku dapat dipelajari dan dikontrol
c.
Pandanagn yang
berfokus pada kepentinagn siswa yang beranggapan bahwa guuru harus tau
kebutuhan siswanya dan berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.
Dalam melakukan displin kelas
maka guru akan melakukan beberapa hal agar segala aturan yang telah ditentuakan
dalam disiplin kelas dapat terlaksana. Adapun beberapa startegi dalam melakukan
penanganan dan menagatasi maslah dalam displin kelas adalah sebagai berikut:
Menurut winzer 1995 cara
menagatasi gangguan ringan
a.
Mengabaikan
b.
Menatap agak lama
c.
Menggunkan teknik
non verbal
d.
Mendekati
e.
Memanggil nama
f.
Menagabaikan secara
sengaja
Sedang untuk menangani ganguan yang berat maka bisa
dilakukan degan car strategi :
a.
Memberi hukuman
b.
Melibatkan orang
tua
Daftar Rujukan
Anitah w sn. 2008. Strategi pembelajran di SD. Jakarta
:Universitas terbuka
Atanasius wiwid wijanarko.pengelolaan dan disiplin
kelas.(online):16 juni 2019
Jurnal. Hakikat displin
kelas.physicsmaster.orgree.(online):16 mei 2019.
Sifuddin. Pengeloaan Pembelajaran Teoritis dan praktis. Yogyakarta:
Deepuplish
Tujuan adanya disiplin kles itu untuk apa.. mhn penjelasannya
BalasHapusTujuan adanyaa disiplin kelas agar dalam pembelajaranpsuasananya aman, dan terjadi pembelajaran yang kondusif
HapusBagaimana disiplin kelas itu
BalasHapusDisiplin kelas itu seperti adanya aturan dlam kelas yang saling mengikat antara guru dan siswa
HapusApakahvdisiolin kelas sama dengan pengelolaan kelas
BalasHapusMenurut saya sama sih
HapusHampir sama tetapi kalau displin kelas itu ada komitmen antar gurugdan siswa sedangkan pengelolaan kelas dilakukan seorang guru dalam pembelajatan nya agar tercapai pembelajaran yang efektif
HapusApa manfaat disiplin kelas
BalasHapusDwngan adanya disiplin kelaskpembelajaran lebih aktif, aman dan kondusif
HapusMakasih materibnya sangat membantu
BalasHapusMakasih kk natasa utari
Hapus